1. Mengonsumsi Sayuran Hijau 

Bayam, brokoli dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya kaya akan kandungan folat, yaitu vitamin yang dapat membantu meningkatkan proses ovulasi secara signifikan.  Mintalah suami moms untuk mengkonsumsi sayuran hijau juga. Pria yang mengkonsumsi folat dalam jumlah yang cukup, akan memiliki sperma yang lebih sehat. Selain itu, asupan folat juga membantu mengurangi masalah keguguran dan problem genetik pada bayi. 

source: http://eatright.org

2. Kelola Stresmu Setiap Hari

Stres terkadang tak bisa dihindari. Tapi meski stres sering disebut sebagai "musuh" para wanita yang ngin hamil, kita tetap perlu belajar mengelola stres tersebut. Karena stres akan mempengaruhi program hamil kamu lho. Jadi, sebelum kamu memutuskan hamil, pastikan kamu tahu cara bagaimana mengelola stres dengan baik.

source: http://dailymail.co.uk
baca juga

3. Stop Menumpuk Racun dalam Tubuh 

Hentikan kebiasaan atau kegiatan yang berdampak pada penumpukan racun dalam tubuh. Kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol dan begadang bisa menurunkan vitalitas tubuh dan menumpuk racun yang akan menurunkan kesuburan. Nah, hal ini bisa menyulitkan tubuhmu untuk bereproduksi.

source: https://Shutterstock.com

4. Kurangi Kafein

Seperti diketahui, kafein memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, asalkan dikonsumsi secara wajar atau tidak berlebihan. Karena itu, batasilah konsumsi kafein dalam bentuk apapun, baik kopi, soda maupun teh. Untuk menggantinya kamu bisa lebih banyak mengonsumsi jus buah yang menyegarkan seperti strawberry, kiwi, jeruk, buah naga atau jambu merah. 

source: https://earth.com
baca juga

5. Tidur Teratur dan Tepat Waktu

Tingkat keberhasilan program hamil kamu juga tergantung dari bagaimana jam istirahat kamu setiap hari. Tidurlah secara teratur yaitu sebanyak 8 jam setiap harinya dan perbanyak mengonsumsi air putih. Diketahui tidur teratur dapat mencegah penurunan daya tahan tubuh dan meningkatkan produksi melatonin alami dalam tubuh. Melatonin merupakan syarat sehatnya perkembangan folikel. Hindari konsumsi suplemen melatonin, karena adanya efek hormonal yang terkandung di dalamnya.

source: http://www.energy941.com