1. Kedelai

Menurut penelitian obgyn asal New York, Dr. Dweck menyatakan bahwa, Produk kedelai seperti tahu dan edamame mengandung isoflavon (seperti estrogen) dapat mengurangi kekeringan vagina yang diakibatkan oleh perubahan hormon. Hal ini karena  estrogen tanaman dapat memiliki efek yang sama seperti estrogen yang diproduksi secara alami oleh wanita. 

source: https://gumtree.co.za

2. Yogurt

Selain enak rasanya, yogurt memiliki banyak khasiat bagi tubuh salah satunya baik untuk sistem pencernaan kita. Selain itu yogurt juga memiliki manfaat lain yakni dapat membersihkan bakteri dengan kandungan probiotik di dalamnya. Dengan begitu kadar pH pada miss v bisa menjadi normal dan vagina pun bersih dari jamur dan terhindar dari infeksi. 

source: https://www.thespruce.com
baca juga

3. Bawang Putih

Tahu enggak sih moms, bawang putih bisa dimakan mentah maupun matang lho.seperti diketahui bawang putih memiliki sifat antibakteri, antijamur dan mengandung antioksidan mampu menjaga kesehatan vagina. Selain itu dengan mengonsumsi bawang putih mentah bisa melawan keputihan dan infeksi di miss V. Bagaimana moms, siap mengonsumsi bawang putih mentah? 

source: https://mytinysecrets.com

4. Buah dan Sayur

Buah dan sayuran segar sudah pasti makanan terbaik untuk mencukupi nutrisi tubuh, sekaligus menjaga vagina yang sehat. Sayuran berdaun hijau seperti kol, bayam, kangkung, selada bisa mencegah miss V kering dan menjaga sirkulasi darah. Tak hanya itu, buah kaya vitamin C juga sangat baik mempertahankan imun di area miss V. Nah, moms wajib mengonsumsi sayur dan buah secara rutin agar Miss v tetap sehat dan bebas dari bakteri atau pun jamur. 

source: http://infoloka.com