1. Kontraksi

Sebenarnya, normal bagi setiap ibu hamil jika mengalami kontraksi Braxton Hicks pada akhir masa kehamilannya. Kontraksi Braxton Hicks adalah kontraksi rahim tidak beraturan yang telah dimulai sejak Moms hamil enam minggu hingga saat melahirkan, meski kamu mungkin tidak bisa merasakannya di awal-awal kehamilan. Hingga di minggu-minggu terakhir kehamilan, kontraksi palsu ini mungkin tetap jarang, tidak teratur, dan pada dasarnya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, hal ini merupakan salah satu tanda bahwa kamu mungkin saja melahirkan bayi prematur Moms.

source: https://beritacampur.com

2. Timbulnya Cairan vagina tidak normal

Timbulnya perdarahan vagina atau hanya bercak, volume cairan lebih banyak dari biasanya, serta alami kebocoran air ketuban, bisa menjadi tanda-tanda kamu akan melahirkan Moms. Cairan vagina yang biasa keluar selama kehamilan terlihat encer, putih seperti susu. Namun, jika terjadi perubahan jenis dan jumlah cairan vagina, hal tersebut bisa merupakan tanda-tanda persalinan prematur. 

source: https://netmums.com
baca juga

3. Alami kram perut seperti PMS

Salah satu tanda kamu akan melahirkan bayi prematur yakni perut terasa ber-gas, dengan atau tanpa diare. Selain itu, sebagian ibu hamil yang mengeluhkan kram perut dan nyeri punggung selama kehamilan. Sebab, bayi yang terus berkembang akan mulai menekan saraf-saraf di sekelilingnya. Kram perut yang diikuti diare atau tidak, atau kram seperti nyeri menstruari yang berlangsung lama, atau nyeri punggung berkepanjangan, juga harus diperhatikan ya Moms. Apabila nyeri seperti ini tidak hilang setelah kamu beristirahat, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganannya.

source: https://baby-calendar.jp

4. Tekanan Panggul

Tekanan pada panggul juga bisa menjadi tanda kamu akan melahirkan bayi prematur. Adanya sensasi seperti bayi menekan vagina, atau merosot turun ke bawah. Rasa menekan yang tiba-tiba muncul pada perut atau area panggul juga merupakan tanda bahwa persalinan segera terjadi. Rasa menekan tersebut terjadi karena jaringan ikat dari area panggul mengendur, sehingga posisi bayi lebih rendah di atas tulang panggul. Meskipun persalinan mungkin masih akan berlangsung beberapa minggu lagi, tidak ada salahnya jika kamu membuat janji dengan dokter untuk melihat bagaimana posisi bayi dan kondisi leher rahim kamu ya Moms.

source: http://infosehatwanita.com