Ibu Telah Berusaha untuk Melahirkan Normal

Sebagian Ibu memilih untuk melahirkan caesar padahal ia memiliki opsi untuk melahirkan normal. Alasan yang banyak ditemukan adalah ketakutan akan rasa sakit dan ingin memperoleh tanggal kelahiran istimewa. Operasi yang direncanakan ini disebut operasi caesar elektif.
 Tapi bagi sebagian yang lain, operasi caesar adalah pilihan terakhir yang harus diputuskan demi menyelamatkan Ibu dan Bayi. Beberapa dari Ibu menjalani operasi bahkan setelah menjalani prosedur pembukaan lengkap. Operasi caesar ini disebut operasi caesar darurat.
Operasi Caesar juga bisa dijalankan atas dasar kondisi si Ibu yang tidak memungkinkan menjalani kelahiran normal. Speerti Ibu yang memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti jantung, diabetes,tekanan darah tinggi, kelainan plasenta dan posisi plasenta yang tidak semestinya dan lain sebagainya. 
Serangkaian prosedur dan pemeriksaan dilakukan oleh dokter selama beberapa saat sebelum hari perkiraan lahir tiba. Dokter akan menjelaskan beberapa kemungkinan yang akan terjadi sebelum memutuskan untuk melakukan operasi caesar.
 

source: https://media4.s-nbcnews.com/i/newscms/2016_04/951341/pregnant-woman-today-tease-160128_7345dcc3cf3ff44575ddd1b8c202c13e.jpg

Persiapan Operasi Caesar, Menginap semalam Sampai Pembiusan

Apabila kamu harus menjalani operasi caesar berdasarkan beberapa pertimbangan di atas, maka berikut adalah hal-hal yang akan terjadi pada kamu selama masa persiapan :

  • Suami atau keluarga Kamu tentu akan membantu Kamu menyiapkan segala hal termasuk administrasi. Kamu diminta menginap satu hari sebekum untuk di observasi mengenai kondisi umum Kamu.
  • Pada saatnya tiba, kamu akan di antar perawat ke ruang operasi. Suami mungkin tidak diperkenankan menemani  selama operasi.
  • Kamu menjalani persiapan operasi. Perut  akan dibersihkan kemudian dipasang infus untuk memudah dokter mengelola cairan dan memasukan obat melalui pembuluh darah
  • Sebelum masuk ruang operasi, maka Kamu akan menjalani prosedur pembiusan. Umumnya pembiusan yang dilakukan pada operasi caesar adalah bius lokal (pada beberapa bagian tubuh) yang membuat kamu tetap sadar selama proses operasi, sedangkan bius umum (yang membuat kamu hilang kesadaran total) jarang dilakukan pada operasi caesar kecuali pada situasi darurat. 
  • Anestesi yang mungkin diberikan adalah anestesi spinal block atau anestesi yang di suntikan langsung ke dalam kantung yang mengelilingi tulang belakang dan anestesi epidural yaitu anestesi yang disuntikkan ke punggung bawah di luar kantung sumsum tulang belakang, jenis anestesi ini bisa digunakan operasi caesar dan kelahiran normal (pervaginam). 
  • Setelah pembiusan, prosedur persiapan selanjutnya adalah pemasangan kateter untuk menampung air kencing selama dan sesudah operasi. 
  • Selanjutnya rambut kemaluan akan di cukur guna memudahkan jalan untuk melakukan sayatan.
source: https://assets.babycenter.com/ims/2015/12/iStock_000002925200_wide.jpg?width=600
baca juga

Saat Operasi adalah Saat Ibu Berjuang Demi Sang Buah Hati

Saat Kamu sudah dipastikan mati rasa karena efek pembiuasan, maka dokter akan mengoleskan antiseptik pada tubuh Kamu. Kemudian dokter akan membuat sayatan kecil pada kulit di atas tulang kemaluan kamu. Dokter akan melakukan sayatan secara perlahan sampai akhirnya tembus ke bagian rahim. Proses ini berlangsung selama kurang lebih 30 menit.
Ketika pisau operasi sudah mencapai otot perut, dokter akan melakukan pembukaan secara manual. Saat dokter sudah sampai rahim, maka dokter akan memotong bagian bawah rahim Kamu secara horisontal. Dokter akan melihat kepala bayi kamu lalu menariknya keluar dengan hati-hati. Lalu Selamat, kamu akan mendengar suara tangisan bayi yang selama ini kamu rindukan. Kamu menjadi seorang Mama!
Dokter akan memperlihatkan bayi mungil itu ke hadapanmu sesaat setelah tali pusar bayi di potong. Sementara bayi dibersihkan oleh perawat, plasenta akan dikeluarkan. 
Tapi Moms, tunggu dulu,semua ini belum selesai lho. Dokter masih harus melakukan prosedur penutupan dengan cara menjahit sayatan kembali. Penutupan rahim iini adalah bagian paling rumit dan harus ekstra hati-hati agar tidak menimbulkan komplikasi pasca operasi. Penutupan ini berlangsung kurang lebih 30 menit.



 

source: http://cdn.lifedaily.com/wp-content/uploads/2016/10/1-16.jpg

Pemulihan Pasca Operasi, Hal yang Kadang Tidak Ingin Di Ingat.

Setelah operasi selesai, Kamu akan diantarkan ke ruang pemulihan. Kondisi kamu akan dipantau oleh dokter sampai beberapa jam ke depan setelah proses operasi selesai. Jika tidak ada komplikasi, kamu akan segera diantar ke ruang perawatan. Infus akan tetap terpasang untuk memberikan makanan dan minuman serta obat yang mungkin diperlukan.
Saat itu, efek bius perlahan menghilang. Kamu akan mulai merasakan gatal di tubuh kamu seperti kesemutan. Setelah bius menghilang, kamu perlahan mulai merasakan nyeri pada luka operasi. Saat itu, kamu disarankan untuk tidak banyak melakukan gerakan,kemudian perlahan mulai mencoba bergerak. Kamu kan menjalani masa pemulihan selama tiga atau empat hari, selama masa pemulihan kamu disarankan untuk lebih banyak bergerak daripada berbaring ditempat tidur untuk mempercepat pemulihan.
Jahitan pasca operasi lama-lama akan menyatu dengan kulit, dan mulai pulih tiga hari sampai satu minggu kemudian. Tapi kamu tetap disarankan untuk berhati-hati sampai kamu benar-benar tidak merasakan sakit pada luka mu. Dokter akan menyarankan untuk kontrol beberapa kali untuk memastikan tidak ada komplikasi pada luka operasi.

source: http://i2.cdn.turner.com/cnn/dam/assets/141229163617-gardner-quads-birth-story-top.jpg