1. Dongeng Sebelum Tidur
Tahukah Moms, saat kita tidur di malam hari, ada bagian otak bernama hippocampus yang bekerja aktif untuk dalam hal mengingat? Nah, jadi dianjurkan untuk Moms untuk membacakan dongeng tepat saat si kecil hendak tidur. Dongengnya tentu saja dengan tema makan yang bermanfaat, misalnya tentang suatu karakter yang suka makan agar bisa mengalahkan musuh, karakter yang selalu sarapan sehingga nilai-nilai ulangannya bagus semua, dan sebagainya. Saat si kecil terbangun di pagi hari, Moms bisa mendiskusikan kembali dongeng semalam tentang manfaat makan bagi si karakter-karekternya sambil menyuapi si kecil makan.
 

4 Trik Ciptakan Waktu Makan Menjadi Menyenangkan bagi Si Kecil
source: https://www.disneybaby.com

2. Memperlihatkan Antusiasme Saat Makan
Anak selalu mencontoh perilaku dan kebiasaan orang dewasa di sekelilingnya, terutama orang tuanya. Maka untuk membuat anak menyukai saatnya makan, Moms dan Dads juga perlu bekerja sama untuk menunjukkan antusiasme saat hendak makan. Ekspresikan antusiasme ini dalam percakapan dan mimik wajah. Walaupun sebenarnya Moms sedang diet, jangan sampai si kecil mengetahui bahwa Moms membatasi makan atau pilih-pilih makanan, bahkan menghindari jam makan ya, Moms.
 

 

4 Trik Ciptakan Waktu Makan Menjadi Menyenangkan bagi Si Kecil
source: https://www.eatrightontario.ca
baca juga

3. Menyiapkan Menu Makanan dengan Tampilan Menarik
Makanan menu apapun, termasuk camilan, bisa ditampilkan dengan menarik. Sebenarnya ini justru adalah momen yang sebaiknya Moms manfaatkan dengan mengombinasikan berbagai makanan sehat sebanyak-banyaknya. Sebagai contoh, Moms bisa menyiapkan nasi kuning dengan tomat, keju, wortel, buncis, dan telur dadar, lalu susun sedemikian rupa semua ornamen tersebut membentuk wajah yang sedang tersenyum. Tampilan makanan ini pun akan berwarna-warni menarik serta bergizi tinggi jika disantap si kecil.

 


 

4 Trik Ciptakan Waktu Makan Menjadi Menyenangkan bagi Si Kecil
source: https://marthastewart.com

4. Meminta Si Kecil Turut Menyiapkan Makanan
Pernahkah Moms mengalami saat sedang sibuk di dapur, si kecil justru datang dan mengacak-acak bahan masakan Moms? Sebenarnya si kecil melakukannya karena rasa ingin tahunya yang begitu besar akan apa yang Moms kerjakan. Nah, Moms bisa memanfaatkan ini dengan meminta si kecil untuk membantu Moms di dapur menyiapkan makan bersama keluarga. Biarkan si kecil membantu Moms memasak, bereksperimen dengan tata letak alat makan di meja makan, dan sebagainya. Dan ketika saatnya makan bersama tiba, Moms dan Dads dapat memuji kecakapan si kecil dalam menyiapkan makan bersama, dan bangunlah suasana makan bersama yang menyenangkan.
 

4 Trik Ciptakan Waktu Makan Menjadi Menyenangkan bagi Si Kecil
source: http://www.eatright.org