Tentukan Waktu Untuk Memberikan Camilan Pada Anak

Tentukan jadwal rutin dalam memberikan cemilan untuk si kecil. Hindari memberikan cemilan sebelum waktu makan, karena akan membuat anak merasa kenyang sehingga sulit makan. Idealnya, waktu yang tepat untuk memberikan cemilan adalah 2 jam setelah selesai makan atau pada jam 10-11 siang dan 3-4 sore. Dengan begitu anak akan terbiasa memiliki pola makan yang baik di kemudian hari.
 

Moms, Memberikan Camilan untuk Anak, Ada Aturannya Lho!
source: http://babygourmet.com/


 


Berikan Camilan Dengan Kandungan Nutrisi Baik

Saat memberikan camilan untuk si kecil, pilihlah camilan yang kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral atau serat. Hindari memberikan camilan yang dalam bentuk kemasan, karena biasanya cemilan jenis ini mengandung zat pegawet, pemanis buatan, MSG dan lemak tinggi. Itulah sebabnya penting bagi kamu untuk membiasakan anak mengonsumsi makanan sehat dan menghindari jajanan di luar saat masih balita. 
 

Moms, Memberikan Camilan untuk Anak, Ada Aturannya Lho!
source: http://www.parenting.com/


 

baca juga


Biarkan Si Kecil Memilih

Membiasakan anak belajar untuk mengendalikan diri sendiri dapat dimulai dari kecil. Anak dapat mulai belajar membuat keputusan seperti saat memilih cemilan. Caranya adalah dengan menawarkan beberapa menu camilan bernutrisi, dan biarkan anak memilih cemilannya dan jumlah yang akan di konsumsinya. Ini merupakan salah satu metode pendidikan anak dalam melatihnya mengatur emosi, keinginan, serta berpikir mena yang lebih ia sukai. Kamu dapat membuatkan jadwal menu sesuai dengan pesanannya agar ia tahu apa jadwal menu camilan hari ini.
 

Moms, Memberikan Camilan untuk Anak, Ada Aturannya Lho!
source: https://humbleinaheartbeat.com/


 


Hindari Memberikan Camilan Saat Di Perjalanan

Memberikan cemilan pada si kecil dalam perjalanan akan berisiko membuat anak tersedak. Selain itu, pemberian cemilan secara terus menerus selama perjalanan dapat membuat anak sulit untuk fokus pada makanan mereka. Itulah sebabnya anak akan merasa bingung dalam memahami akan rasa lapar dan kenyang. Sebaiknya tetap memberikan sesuai dengan jadwal waktu makan camilan mereka meskipun saat di perjalanan.  
 

Moms, Memberikan Camilan untuk Anak, Ada Aturannya Lho!
source: https://www.ellieandaddie.com/