1. Baby tub

Baby tub atau bak mandi bayi merupakan perlengkapan mandi bayi yang wajib punya. Baby tub ini sudah didesain sesuai kebutuhan bayi sehingga nyaman saat digunakan untuk berbaring. Kalau misalnya permukaan baby tub masih terasa keras, maka Moms bisa mengakalinya dengan meletakkan bahan lembut seperti handuk dan spon di bawahnya. Ini bermanfaat agar kulit bayi tidak tergesek dengan permukaan baby tub yang keras. 

source: http://tip10.info/


 


2. Lap Mandi

Hindari mengguyur bayi baru lahir langsung dengan air, melainkan gunakan lap mandi untuk membersihkan tubuhnya. Saat mengelap tubuh bayi, mulailah dari leher ke bawah. Ingat, buka baju bayi hanya setengahnya saja, untuk mencegah ia merasa kedinginan. Setelah bagian atas bersih, lanjutkan dengan mengelap bagian bawah tubuhnya. 


3. Bola Kapas yang Steril

Untuk membersihkan sekitar wajah bayi, maka gunakan bola kapas yang memang khusus dibuat untuk bayi. Basahi kapas lalu bersihkan mata bayi. Gunakan kapas baru untuk membersihkan bagian mata yang lain. 
 
source: http://www.care4child.com


 

baca juga

4. Sampo

Sebenarnya, bayi baru lahir tidak perlu dimandikan dengan sabun dan sampo. Namun, kalau Moms ingin aroma bayi jadi lebih wangi maka penggunaan sampo, dibolehkan untuk membersihkan rambutnya. Saat keramas, pilih sampo yang memang dibuat untuk bayi. Ambil sampo secukupnya lalu gosokkan dengan lembut di kepala si bayi. 

5. Sikat Kepala

Biasanya bayi yang baru lahir memiliki cradle crap atau sisik berwarna putih di kepalanya. Nah, saat mandi, Moms bisa membersihkan cradle crap ini dengan menggunakan sikat kepala yang permukaannya lembut. Menyikat kepala bayi efektif menghilangkan cradle crap dan tak muncul kembali. 
 

source: https://www.eumom.ie


 

6. Handuk

Perlengkapan mandi bayi yang juga wajib adalah handuk. Pilihlah handuk yang permukaannya lembut. Saat mengeringkan tubuh bayi, hindari menggosoknya dengan handuk, melainkan cukup dengan menepuk-nepuk kulitnya secara perlahan. Tujuannya untuk mencegah kulit bayi menjadi lecet atau iritasi. 

source: https://www.youtube.com/watch?v=o9-VE63-BRA