1. Sering makan atau minum yang manis

Baik kamu atau pun anakmu, tentu menyukai makanan dan minuman yang manis bukan? Jika iya, kamu harus lebih ekstra berhati-hati. Karena makanan dan minuman yang manis, merupakan perusak gigi lho. Nah, moms harus memerhatikan jajan anak saat di rumah dan di sekolah juga ya. Karena terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman  dapat membuat gigi hitam pada anak muncul. 

5 Penyebab Gigi Hitam Pada Anak Yang Harus Kamu Ketahui
source: https://tribecanorthdentistry.com

2. Melakukan Kebiasaan-Kebiasaan buruk

Ada beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan gigi hitam pada anak. Beberapa kebiasaan seperti minum susu menjelang tidur dengan menggunakan botol susu terlalu lama, kebiasaan mengulum permen, dan makan makanan yang manis dapat menyebabkan karies (gigi berlubang). Kerusakan gigi ditandai dengan warna gigi menjadi kehitaman, lalu lambat laun seluruh bagian gigi tersebut rusak dan tampak seperti gigi yang berwarna hitam atau gigis.

5 Penyebab Gigi Hitam Pada Anak Yang Harus Kamu Ketahui
source: https://shutterstock.com
baca juga

3. Tidak menjaga kebersihan gigi

Orangtua menjadi kunci kebersihan gigi anak bahkan hingga usia 8 tahun. Meski begitu, banyak orangtua yang tidak peduli akan kesehatan gigi anaknya dan cenderung melepaskan anak untuk merawat giginya sendiri. Sebenarnya, anak baru bisa dilepas sikat gigi sendiri saat usia 8 tahun di mana motoriknya sudah sangat baik. Meskipun sudah bisa dan terbiasa membersihkan giginya sendiri, akan tetapi sebagai orangtua kamu perlu mendampingi anak dalam membersihkan gigi agar bersih dengan sempurna. Kamu bisa menemaninya ketika ia menggosok giginya sebelum tidur misalnya. Gigi bersih sudah pasti gigi hitam pada anak pun tak akan pernah muncul. 

5 Penyebab Gigi Hitam Pada Anak Yang Harus Kamu Ketahui
source: https://villagedentalmedicine.com

4. Tidak Rutin ke Dokter Gigi

Masalah yang kerap muncul pada gigi anak ternyata bisa dideteksi sejak dini lho Moms. Salah satu masalahnya adalah karies gigi. Kondisi ini akan membuat gigi anak menjadi hitam dan rusak. Agar terhindar dari masalah tersebut, anakmu perlu dibiasakan periksa ke dokter gigi. Setidaknya, lakukan pemeriksaan setiap enam bulan sekali. Selain untuk mengetahui kesehatan gigi dan mulutnya, rutin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi juga dapat mengajarkan keberanian anakmu untuk ke dokter gigi yang cenderung menakutkan bagi anak-anak.

5 Penyebab Gigi Hitam Pada Anak Yang Harus Kamu Ketahui
source: http://www.familydentalcentre.com
baca juga

5. Cedera Pada Gusi dan Gigi

Cedera pada gigi dan gusi dapat membuat warna gigi si kecil menghitam. Misalnya saja ketika bermain dan terjatuh sehingga gusinya berdarah. Jika darahnya tidak keluar, maka darah akan menggumpal di dalam gusi dan akhirnya memengaruhi warna gusi serta gigi. Gigi dapat berubah warna menjadi biru hingga kehitaman. Bila kamu menemukan hal ini terjadi pada si kecil, sebaiknya segera bawa anakmu ke dokter gigi.

5 Penyebab Gigi Hitam Pada Anak Yang Harus Kamu Ketahui
source: https://urbanmoms.ca