1. Kurangi Minum Sebelum Tidur

Kebutuhan tidur ibu hamil dapat kamu penuhi dengan menghindari asupan cairan sebelum tidur setidaknya dua sampai tiga jam sebelumnya. Masuklah ke toilet sebelum kamu merasa ingin buaang air kecil, hal ini akan sangat mendukung kebutuhan tidur ibu hamil selama kehamilan.

source: http://cidadeverde.com/noticias/174234/cistite-tudo-o-que-voce-precisa-saber-sobre-a-infeccao-da-bexiga



 

2. Hindari Makan Berat di Malam Hari

Cara tidur selama kehamilan termasuk menyembuhkan mulas dengan menghindari makanan berat di malam hari. Selain itu kebutuhan tidur ibu hamil dapat terpenuhi dengan bantuan segelas susu dingin. Campuran setengah susu dan setengah air akan mudah dicerna oleh tubuh.

source: https://wanitahamil.com/109/apa-nutrisi-ibu-hamil-bisa-diperoleh-dari-minum-susu/



 

baca juga

3. Posisi Tidur yang Nyaman

Untuk meraih kebutuhan tidur ibu hamil, kamu tidak diwajibkan tidur dengan posisi miring ke kiri. Pilihlah posisi yang kamu sukai dengan beberapa bantal tambahan untuk membuat kamu nyaman.

source: http://www.solusisehatku.com/posisi-tidur-yang-baik-untuk-ibu-hamil-yang-aman-untuk-kandungan



 

4. Menenangkan Sakit Kepala

Cobalah pijat kepala untuk menenangkan kepala kamu atau ambillah handuk dingin untuk menurunkan efek hormon hiperaktif. Cara ini berkontribusi terpenuhinya kebutuhan tidur ibu hamil.

source: http://foder.biz/penyebab-dan-cara-atasi-sakit-kepala-yang-menyerang-ibu-hamil/



 

baca juga

5. Atasi Payudara Sakit

Karena kadar estrogen dan HCG, payudara menjadi sakit mempengaruhi kebutuhan tidur ibu hamil. Cobalah tidur di samping bantal di bawah kaki agar terasa nyaman. Terkadang memijat payudara juga membantu menghilangkan sakit di payudara.

source: http://www.curhatbidan.com/artikel/id/676/posisi-terbaik-tidur-ibu-hamil-yang-perlu-diketahui-



 

6. Lakukan Peregangan Otot

Pentingnya tidur selama kehamilan tidak bisa dipungkiri tapi dapat menyebabkan kram otot. Jadi saat menderita kram otot cobalah melakukan peregangan otot. Minta bantuan orang terdekat kamu untuk memijat kaki kakimu beberapa menit agar bisa melemaskan semua otot yang tegang.

source: http://www.bintang.com/lifestyle/read/2359566/5-pose-yoga-yang-sanggup-bikin-ibu-hamil-tetap-sehat



 

7. Restless Legs Syndrome

Restless leg syndrome mungkin menjadi penghalang tercapainya kebutuhan tidur ibu hamil karenanya, seseorang harus meningkatkan asupan asam folat dan zat besi. Selain itu, cobalah meletakkan bantalan pemanas di bawah kaki untuk mengendurkannya.

source: http://www.myfootclinic.com/restless-leg-syndrome/



 

8. Mengatasi Dengkuran saat Tidur

Gunakan masker atau bantal ekstra dapat memperbaiki cara tidur kamu selama kehamilan karena leher bengkok atau hidung tersumbat kemungkinan penyebab dengkuran. Ini adalah salah satu posisi terbaik untuk tidur selama kehamilan.

source: http://nakita.grid.id/Kehamilan/Mendengkur-Saat-Hamil-Apakah-Berbahaya



 

9. Latihan Fisik Memperbaiki Sirkulasi Darah

Lakukan olahraga teratur untuk mendapatkan tidur yang tepat selama kehamilan. Latihan fisik akan memompa jumlah darah yang lebih baik ke jantung dan juga membantu saat kamu mengalami PMS. Ini berhubungan dengan perubahan suasana hati secara efektif.

source: http://ibudanmama.com/kehamilan/olahraga-yang-sebaiknya-dihindari-saat-hamil/



 

10. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat kesehatan lainnya dari tidur telanjang bagi ibu hamil adalah membantu meningkatkan metabolisme secara alami karena kamu tidur jauh lebih baik dan lebih dalam. Tidur telanjang juga dapat meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan.

source: http://www.nuansapagi.com/tag/manfaat-tidur-telanjang