1. Jaga Kebersihan 

Jaga agar area tali pusar tetap bersih. Sebaiknya biarkan tali pusar puput dengan sendirinya dan jangan ditarik ya, Moms. Bila area pusar kotor, bersihkan dengan air bukan dengan alkohol. Alkohol memang dapat berperan sebagai disinfektan namun alkohol dapat mengiritasi kulit si kecil. Keringkan dengan cara di usap menggunakan kain yang bersih.
 

source: http://orami.co.id

2. Tali Pusar Harus Kering

Saat si kecil memakai popok kain ataupun popok sekali pakai, pastikan agar tali pusar tidak tertutup ke popoknya ya, Moms. Hal ini untuk menjaga tali pusar agar tetap kering dan bersih. Selain itu bila tali pusar terkena tekanan popok pada tali atau karet popok, tidak ada sirkulasi udara untuk pusar si kecil.
 

source: http://bali.tribunnews.com
baca juga

3. Gunakan Bayi Pakaian Longgar

Kenakan pakaian bayi yang longgar untuk meningkatkan sirkulasi udara pada bagian tali pusar. Menjaga tali pusar agar tetap kering dan bersih menjadi hal utama ya, Moms. Dengan pakaian yang longgar juga memberikan ruang untuk tali pusar agar tidak lembab.
 

source: https://livestrong.com

4. Jangan Telat Mengganti Popok

Ganti popok bayi jika dirasa sudah cukup banyak. Hal ini menghindari agar air seni atau kotoran bayi tidak terkena oleh tali pusar si kecil. Air seni dan kotoran bayi tentunya sangat tidak higienis bila terkena tali pusar si kecil yang baru lahir karena kondisinya masih basah.

source: https://woman.thenest.com
baca juga

5. Hati-hati Saat Memandikan Si Kecil 

Saat proses memandikan bayi juga harus hati-hati ya, Moms. Khusus bagian tali pusar di usap perlahan saja. Dan bila sudah selesai bisa di basuh menggunakan lap kering dan bersih. Tunda memandikan bayi kalau dirasa tali pusarnya sering berdarah ya, Moms. Moms tetap bisa menjaga kebersihan bayi dengan membasuhnya menggunakan washlap agar bayi juga merasa nyaman dan badannya tidak lengket.
 
Lebih lanjut lagi, Moms bisa konsultasikan dengan dokter spesialis anak bila pusar si kecil berdarah terus menerus.
 
 

source: http://demandstudios.com