1. Gigi Berlubang (Karies)

Gigi berlubang pada anak disebabkan karena adanya plak yang terkumpul akibat sisa makanan dan bakteri.  Bakteri ini dapat mengubah sisa makanan menjadi asam di mana asam akan merusak email gigi sampai menyebabkan gigi berlubang. Makanan manis seperti coklat, permen, dan lainnya yang mengandung gula memiliki andil besar terjadinya gigi berlubang pada anak. Untuk itu, yuk Moms biasakan diri kita untuk mengajak anak sikat gigi mininal 2 kali sehari untuk mencegah terjadinya karies pada gigi si kecil.
 

Duh, Ini 4 Jenis Kerusakan Gigi Pada Anak dan Penyebabnya
source: http://www.uq.edu.au

2. Noda di Gigi Anak

Noda di gigi anak biasanya disebabkan kebersihan mulut yang kurang baik dan berkembangnya bakteri. Sementara biasanya noda di gigi orang dewasa akibat mengkonsumsi kopi dan teh. Warna kuning biasanya terjadi pada gigi anak karena kebersihan mulut yang tidak dijaga. Disarankan untuk Moms agar anak minum air putih setelah minum susu dan makan. Selain itu sikat gigi anak dengan cara yang baik. Bila hal ini tidak dilakukan dapat mengakibatkan timbulnya plak pada gigi anak yang berujung pada karies pada gigi anak.
 

Duh, Ini 4 Jenis Kerusakan Gigi Pada Anak dan Penyebabnya
source: http://nhpr.org
baca juga

3. Napas Tidak Segar

Moms pernah mencium aroma napas si kecil yang tidak enak? Diantaranya adalah karena kurang menjaga kebersihan mulut (oral hygiene) yang buruk, gigi berlubang, karang gigi, kelainan pada gusi dan masalah lainnya. Kunci utama menjaga agar napas tetap segar adalah membiasakan si kecil menyikat gigi sebelum dan setelah bangun tidur ya, Moms atau minimal 2 kali sehari untuk menjaga agar gig tetap bersih da sehat.
 

Duh, Ini 4 Jenis Kerusakan Gigi Pada Anak dan Penyebabnya
source: http://www.bambinonaturale.it

4. Karang Gigi

Karang gigi merupakan lapisan yang tidak normal pada setiap permukaan gigi. Biasanya terdapat di permukaan dalam gigi bawah dan permukaan luar geraham atas pada anak yang oral hygiene-nya kurang baik. Karang gigi sebaiknya dibersihkan oleh dokter gigi setiap enam bulan sekali. Bila karang gigi dibiarkan tumbuh terus, karang gigi ini dapat merusak jaringan penyangga gigi. Bila jaringan penyangga gigi rusak dapat menyebabkan gigi menjadi goyang dan lama-lama menjadi tanggal atau copot sendiri.
 

Duh, Ini 4 Jenis Kerusakan Gigi Pada Anak dan Penyebabnya
source: https://seaofsmilespa.com