1. Keram Perut 
 
Akibat tekanan kista ovarium yang sudah semakin membesar maka akan berisiko menyebakan rasa keram di bagian perut bawah. Biasanya rasa tidak nyaman ini akan berlangsung di hari pertama hingga kedua masa menstruasi. Tak perlu panik, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit atau beristirahat selama satu sampai dua jam. 

Benarkah Kista Menghambat Siklus Menstruasi? Ini Jawabannya!
source: https://www.northsidegynaecology.com.au

2. Mual Ketika Haid
 
Gejala menstruasi lainnya akibat kista ovarium adalah rasa mual saat makan dan sesudah makan. Biasanya pada haid hari pertama dan kedua sahabat hawa akan merasa kurang nafsu makan, dan perut terasa ingin muntah. Untuk mengatasinya kamu bisa mengonsumsi buah-buahan untuk menghilangkan rasa mual atau minuman buah yang segar dengan rasa sedikit asam. 

Benarkah Kista Menghambat Siklus Menstruasi? Ini Jawabannya!
source: https://netmum.com
baca juga

3. Perut Kembung
 
Kondisi ini biasanya terjadi saat menstruasi di hari pertama atau kedua dan biasanya perut akan terasa seperti terisi udara. Meski sudah makan banyak perut akan tetap terasa kembung. Hal ini disebabkan karena kista yang sudah semakin membesar hingga menyebabkan perut terasa kembung atau ‘sebah’. Kondisi ini biasanya akan membuat kamu tidak nafsu makan karena perut terasa penuh atau kembung. 

Benarkah Kista Menghambat Siklus Menstruasi? Ini Jawabannya!
source: https://evoke.ie

4. Nyeri Hebat Saat Menstruasi
 
Rasa nyeri saat menstruasi memang biasa dirasakan setiap wanita saat datang bulan. Namun jika terdapat kista di dalam ovarium, nyeri haid tersebut akan berulang setiap bulannya. Bahkan bagian bawah perut terasa seperti terpelintir hingga tidak bisa beraktivitas. Untuk mengurangi rasa sakit biasanya bisa diatasi dengan mengompres bagian perut bawah dengan air hangat. 

Benarkah Kista Menghambat Siklus Menstruasi? Ini Jawabannya!
source: https://www.vitalhealth.com