1.  Ketidakseimbangan hormon

Ciri-ciri wanita mandul yang pertama adalah jika kamu mengalami menstruasi yang tidak teratur, nyeri dan terjadi menstruasi terlalu lama atau sebentar, itu bisa menunjukkan ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon bisa menjadi gejala infertilitas. Contohnya kamu mengalami gejala seperti rambut menipis, depresi , jantung berdebar-debar, dorongan seks rendah. Meski ini belum tentu gejala infertilitas, Jangan kamu abaikan, berkonsultasilah ke dokter untuk menentukan apakah itu berhubungan dengan ketidaksuburan atau kondisi yang lain.

source: http://momjunction.com

2. Menstruasi Tak Teratur dan Sakit Luar Biasa

Jika menstruasi kamu tidak teratur dan menyakitkan maka kamu perlu waspada. Gejala lain seperti seperti nyeri punggung , nyeri panggul , kram , perdarahan yang berlebihan atau sangat sedikit alirannya, atau dalam beberapa kasus menstruasi tiba-tiba berhenti sama sekali. Ketidakteraturan ini mungkin menjadi tanda dari masalah ovulasi. Ciri-ciri wanita mandul seperti ini juga wajib kamu waspadai dan sebaiknya kamu segera cek kedokter. 

source: http://thehealthsite.com
baca juga

3Sering Keguguran

Keguguran biasanya kehamilan yang gagal sebelum usia 20 minggu. Biasanya dokter mendiagnosa wanita tidak subur jika sudah dua atau tiga kali keguguran. Ini memang bukan petanda pasti, tapi jika kamu mengalaminya tiga kali berturut-turut ada indikasi.  Kabar baiknya, meski kamu sering keguguran, bukan berarti peluang kamu untuk hamil lagi menghilang.

source: https://www.yalemedicine.org

4. Terlalu Kurus atau Terlalu Gemuk 


Berat badan juga sangat berpengaruh dengan infertilitas atau kesuburan pada wanita lho moms. Badan yang terlalu kurus atau terlalu gemuk juga bisa menjadi pemicu mengapa wanita tak kunjung hamil. Ciri-ciri wanita mandul seperti ini harus kamu waspadai dan cara mengatasinya adalah dengan rutin memeriksakan diri ke dokter dan mengonsumsi makanan penuh gizi dan nutrisi seimbang. 

source: http://www.nutrishopcda.com