Apa saja manfaat berenang bagi ibu hamil?
Aktivitas berenang melibatkan banyak otot sekaligus dalam setiap gerakannya. Dengan sekali saja berenang, otot sepanjang lengan, kaki, pinggang, punggung, juga bahu dan leher Moms akan terkena efeknya. Dan karena berenang dilakukan di dalam air sehingga melawan gaya gravitasi, maka olahraga berenang termasuk olahraga low impact yang rendah risiko. Selain kekuatan otot, berenang juga bisa melancarkan sirkulasi darah, memperkuat pernafasan, mengurangi pembengkakan terutama pada area kaki, mengusir nyeri pada pinggang dan punggung, serta menjaga berat badan ideal.
 

source: https://www.waterwipes.com

Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum mulai berenang?
Walaupun Moms sudah rutin berenang sejak sebelum hamil, amat dianjurkan untuk Moms tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, ya. Idealnya, berenang sebagai olahraga hamil dilakukan sebanyak 3-5 hari seminggu, dengan durasi 30 menit per hari. Namun di saat baru memulai rutinitas berenang, terutama di trimester awal, jangan langsung 30 menit ya, Moms. Lakukan secara bertahap saja, dari mulai 15 menit selama seminggu. Kemudian di minggu berikutnya meningkat hingga 20 menit, dan seterusnya. Setiap kali hendak berenang Moms juga wajib melakukan melakukan gerakan pemanasan agar terhindar dari risiko kram di dalam air.
 

source: https://aquamagazine.com
baca juga

Apa saja tips berenang bagi ibu hamil?

  • Kandungan kaporit dalam air kolam renang tidak berpengaruh buruk untuk bayi di kandungan Moms. Namun Moms perlu memerhatikan apakah aroma kaporit ini menimbulkan mual pada Moms. Jika iya, sebaiknya hentikan dulu berenangnya ya, Moms.
  • Selalu gunakan sandal anti slip saat berada di sekitar kolam renang untuk menghindari risiko terpeleset karena lantai yang licin terkena air.
  • Jika energi Moms sedang rendah, jangan ambil risiko. Gunakan papan pelampung sehingga Moms tetap bisa berenang tanpa terlalu menguras tenaga.
  • Berenang dapat menimbulkan dehidrasi. Selalu sediakan air minum yang dapat segera Moms minum setelah berenang.
  • Air kolam renang dapat membuat kulit Moms kering yang jika didiamkan bisa menimbulkan gatal-gatal. Segeralah mandi dan oleskan pelembab ke sekujur tubuh setelahnya.
  • Sebaiknya Moms berenang di kolam renang yang airnya mengandung kaporit karena terbebas dari bakteri. Jika Moms hendak berenang di danau atau laut, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter karena adanya risiko terpapar bakteri.
source: http://www.newkidscenter.com