Pilih-Pilih Dulu Sebelum Ikut Kompetisi

Banyak sekali lomba yang bisa diikuti si kecil ya Moms. Apalagi jika kita melihat hadiah yang bisa si kecil dapat dari lomba tersebut, terkadang cukup menggiurkan. Rasanya, kita ingin mengikutsertakan si kecil dalam berbagai macam lomba. Nah Moms, sebaiknya cermati dulu jenis lomba mana yang sesuai dengan kepribadian anak. Selain itu, lomba yang harus diikutii harus sesuai dengan usia si kecil, jenis kelamin, dan kemampuannya. Dengan begitu si kecil akan bisa menikmati dan mengambil manfaat dari lomba tersebut. Pastikan penyelenggara lomba terpercaya ya Moms, karena banyak lomba yang diselenggarakan hanya untuk "membeli" hadiah tanpa benar-benar berlomba. 

Pilih-Pilih Dulu Sebelum Ikut Kompetisi
source: https://www.todayonline.com/sites/default/files/styles/new_app_article_detail/public/photos/43_images/24325444.jpg?itok=rxwEmEc6

Ajarkanlah si Kecil Menghadapi Kemenangan dan Kekalahan

Dalam sebuah kompetisi, tidak semua orang akan menjadi pemenang, pasti ada orang yang akan kalah. Menghadapi kemenangan juga lebih mudah dari pada menghadapi kekalahan. Ajarkan pada anak bahwa kompetisi bukan saja untuk menjadi seorang pemenang, tapi melalui kompetisi si kecil belajar menghadapi apapun yang terjadi. Tanamkan bahwa kemenangan adalah sebuah hasil dari kerja keras; saat kalah, maka si kecil tetaplah bisa membuat orang tua bangga dengan berani ikut berlomba. Berilah apresiasi dengan tepat ya Moms, jangan lupa rayakan dengann perayaan kecil meski si kecil kalah, karena ia adalah anak yang hebat dan berani. 
Ajarkanlah si Kecil Menghadapi Kemenangan dan Kekalahan
source: https://images.fatherly.com/wp-content/uploads/2017/07/competitive-toddler-bike-racing.jpg?q=65&w=1200
baca juga

Jangan Ikut Mendikte

Moms, saat si kecil sedang bersiap ikut kompetisi, hindari sikap mendominasi, ikut campur terlalu banyak dan menekan anak untuk menjadi pemenang. Berikan semangat pada si kecil bahwa kompetisi ini adalah ajang ia berlatih agar ia mau terus mencoba dan berusaha. Menjadi pemenang itu bagus dan tentu saja membanggakan. Tapi ingat Moms, jangan tekankan bahwa menjadi pemenang adalah bagian paling hebat dari kompetisi. Kompetisi ini adalah milik anak, bukan milik orang tuanya. Jadi biarkan si kecil bebas berkreasi sesuai kemampuannya.
Jangan Ikut Mendikte
source: https://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/0a/75/d3/36/kids-drawing-competition.jpg

Siapkan Fisik dan Psikis Anak

Sebelum mengikuti kompetisi, hal yang harus Moms perhatikan adalah kesiapan fisik dan psikis. Pastikan si kecil memiliki fisik yang sehat dan tidak sedang dalam kondisi lelah, mengantuk atau lapar. Karena hal tersebut hanya membuat si kecil rewel dan tidak menikmati setiap acara.
Saat lomba akan berlangsung, dan si kecil mendadak tidak mau ikut serta,  alih-alih memaksanya dengan iming-iming hadiah, Moms bisa memberi semangat kepada si kecil. Tekankan pada diri sendiri bahwa ini adalah ajang berlatih, jadi bersiaplah menerima apapun yang si kecil lakukan saat lomba berlangsung ya Moms. Jangan memaksa anak ikut lomba hanya karena Moms sudah mempersiapkan segala sesuatunya. 

Siapkan Fisik dan Psikis Anak
source: https://static.wixstatic.com/media/6564c6_a932bd758fdc4db5b8333aa2ab465e26.jpg/v1/fill/w_398,h_471,al_c,q_80,usm_0.66_1.00_0.01/6564c6_a932bd758fdc4db5b8333aa2ab465e26.webp
baca juga

Kompetisi yang Baik Adalah Kompetisi yang Sehat

Sebuah kompetisi yang sehat tentu saja harus sesuai aturan, segala hal yang terkait kompetisi juga membuat si kecil nyaman dan tidak keberatan mengulangnya kembali. Selain itu ciri kompetisi yang sehat antara lain :

  • Si kecil senang melakukan kompetisi
  • Si kecil dapat menerima kemenangan atau bahkan kekalahan dengan baik
  • Si kecil mempelajari sesuatu yang baru
  • Si kecil mulai dapat menunjukan kepercayaan diri yang lebih baik dari sebelumnya

Nah agar kompetisi berjalan sehat, maka jalani dengan gembira ya Moms! Dengan begitu, anak bisa ketagihan belajar melalui sebuah kompetisi. Selamat belajar bersama, Moms!

Kompetisi yang Baik Adalah Kompetisi yang Sehat
source: http://cdn.skim.gs/image/upload/c_fill,h_290,w_470/ap/53f22bb66fd0960eaf4c4fc9