Manfaat Senam Kegel Selama Kehamilan
Moms yang sedang hamil dianjurkan untuk rajin melakukan senam kegel. Caranya yakni dengan mengencangkan otot di sekitar vagina, seperti saat menahan pipis, tahan selama 5 detik, lalu lepaskan. Ulangi sebanyak 10 kali, dan lakukan 4 set latihan ini setiap harinya. Senam kegel yang rajin dilakukan akan mengencangkan otot di sekitar vagina dan panggul. Manfaat yang langsung bisa dirasakan yakni akan membuat Moms tidak mudah mengompol saat kehamilan semakin besar. Juga, akan memudahkan Moms dalam proses kelahiran normal. Senam kegel juga akan mengurangi risiko mulut vagina yang robek saat melahirkan lho, Moms.
 

source: http://share.upmc.com/wp-content/uploads/2015/02/pregnant-woman-on-couch.png

Keuntungan Senam Kegel Setelah Melahirkan
Jangan berhenti rutin melakukan senam kegel setelah melewati kehamilan dan melahirkan, Moms. Tujuan senam kegel setelah melahirkan tetap sama, yakni memperkuat dan mengencangkan otot di sekitar vagina dan panggul. Senam kegel akan mempercepat pemulihan otot yang berubah kondisinya karena melahirkan. Dampak baiknya, Moms takkan memiliki kesulitan untuk mengontrol keinginan buang air kecil, alias tidak mengompol. Ssstt... hubungan intim Moms dengan Dads juga akan terasa lebih menyenangkan, lho, dengan otot vagina yang kencang.
 

source: http://cdn.newsapi.com.au/image/v1/4afc18b62814de56f717519d49d29dfc
baca juga

Tips Dalam Melakukan Senam Kegel
Aga mendapatkan manfaatnya secara maksimal, berikut ini tips untuk Moms dalam melakukan senam kegel:

  • Lakukan senam kegel saat kantung kemih Moms kosong, alias setelah berkemih.
  • Agar terjaga rutinnya 4 set dalam sehari, biasakan melakukan senam kegel saat bangun tidur, saat jam makan siang, saat sore hari atau ketika di jalan pulang kantor, dan saat hendak tidur malam.
  • Tingkatkan intensitas latihan secara bertahap. Dalam seminggu pertama, lakukan 4 set per harinya, lalu tingkatkan hingga 5 set per harinya di minggu berikutnya, dan seterusnya.
Jadi, bagaimana, Moms? Sudah siap untuk mulai rutin melakukan senam kegel?
source: https://media.self.com/photos/5a5e476dc6256204b1c64119/4:3/w_728,c_limit/pregnant-woman.jpg