Curhat dengan Orang yang Dipercaya

Cara pertama untuk mengatasi Baby Blues ialah dengan curhat kepada orang yang Beautynesian percayai. Ceritakan kepada orang itu semua perasaan-perasaan negative yang kamu rasakan, juat spill everything that you feel, ladies. Dengan cara ini, kamu tidak akan merasa semakin tertekan karena menyimpan sendirian perasaan-perasaan negatif. Sehingga, perasaan kamu pun akan lebih nyaman setelah curhat dengan kerabat terdekatmu. Selain itu, dengan sesi curhat ini, kamu juga bisa mendapat nasihat atau saran yang membangun atau membuat kondisi perasaan kamu lebih baik dari pihak luar yang lebih objektif, lho ladies.
 

source: https://www.psychiatry.org



Jangan Ragu untuk Meminta Bantuan Orang Lain

Selanjutnya, kamu juga tidak perlu ragu atau gengsi untuk meminta bantuan orang lain, ladies. Ketika Baby Blues menghampiri yang membuatmu merasa tidak puas, tidak suka, bahkan mungkin menyesali kehadiran bayimu, segeralah minta pertolongan orang lain. Pertolongan itu bisa dalam bentuk apapun, mulai dari bantuan dalam hal penyediaan makanan, mengerjakan tugas domestik, dan tenaga untuk menjaga bayimu sejenak, memudahkanmu untuk beradaptasi dengan rutinitas baru sebagai ibu, ataupun jenis-jenis bantuan lain yang dapat membuatmu fokus pada kegembiraaan yang didapat dari kehadiran buah hatimu, dibanding tekanan-tekanan negative yang timbul. Asking help wouldn’t make you look like a looser, ladies, so, go ask some help from others!
 

source: http://naitreetgrandir.com
baca juga



Mengonsumsi Gizi Seimbang

Beautynesian juga perlu memastikan bahwa kamu selalu mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Memiliki seorang bayi akan membuatmu menjadi sangat sibuk sehingga dapat membuatmu makan dengan tidak benar. Hal ini kemudian akan membuat tubuhmu menjadi sangat lelah sehingga dapat semakin memperparah gejala Baby Blues yang kamu alami. FYI,  banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana juga dapat membuat perubahaan naik turun mood kamu semakin parah, lho, ladies!
 

source: http://www.sheknows.com



Jangan Mengharapkan Kesempurnaan pada Minggu-minggu Awal

Sejak sebelum melahirkan, Beautynesian juga perlu mendoktrin pemikiranmu untuk tidak memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi mengenai rutinitas barumu sebagai seorang ibu. Jangan mengharapkan kesempurnaan pada minggu minggu awal, ladies, because you are hardly possible to achieve that perfection.

Ketika kamu telah berekspektasi, dan ternyata realita yang kamu dapatkan jauh dibawahnya, kamu dapat kecewa dan menyalahkan diri sendiri, bahkan bayi kecilmu yang tidak bersalah, sehingga akan semakin memperparah kondisimu. Oleh karena itu, berilah dirimu waktu yang cukup untuk memulihkan diri setelah melahirkan, beradaptasi dengan pekerjaan barumu sebagai seorang ibu, serta menyesuaikan diri dengan rutinitas menyusui dan waktu tidur yang akan berubah.
 

source: http://www.rd.com
baca juga



Perhatikan Diri Sendiri

Terakhir, untuk mengatasi Baby Blues, Beautynesian wajib banget memberikan perhatian yang cukup untuk diri kamu sendiri. Dengan kondisi psikologismu yang belum seimbang, sebaiknya kamu tidak perlu memforsir diri untuk melakukan pekerjaan domestik lainnya. Kamu juga perlu membiarkan diri kamu mendapatkan istirahat yang cukup agar fisik dan pikiran kamu dapat berfungsi dengan lebih baik.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu melakukan ‘me time’, ladies. Me Time ini tidak perlu dilakukan seharian, kok, bahkan beberapa menit keluar dari rutinitas mengurus bayi pasti akan membuat perasaan kamu jauh lebih baik, ladies Kamu bisa melakukan meditasi, melakukan spa, chit chat dengan sahabat, orangtua, atau saudara, menonton film, membaca novel favoritmu, berendam, ataupun sekedar keluar dari rumahmu untuk menikmati udara segar dan hangatnya sinar matahari. It will definitely make a huge difference, ladies!
 

source: http://www.mfirsthome.com



Periksakan Diri ke Dokter Profesional

Sebenarnya ini bukanlah cara mengatasi Baby Blues. Namun, jika Beautynesian mengalami gejala Baby Blues yang jauh lebih parah, yaitu  berlangsung sampai lebih dari 14 hari setelah melahirkan, serta muncul hasrat untuk menyakiti diri kamu maupun sang bayi, itu berarti kamu bukan lagi mengalami Baby Blues, melainkan postpartum depression (PPD), ladies. Jika demikian, maka cara terbaik untuk mengatasi PPD ini ialah segera memriksakan diri dan meminta pertolongan kepada dokter professional. Do it as soon as possible, ladies!
​​​​​​​

source: http://www.steadyhealth.com

Good luck Ladies!