Gadget Pada Anak

Di era teknologi ini, penggunaan gadget pada anak seringkali menjadi dilema tersendiri bagi para orang tua. Di satu sisi, para orang tua ingin memiliki buah hati yang tanggap pada perkembangan teknologi. Akan tetapi, para orang tua juga khawatir dengan kondisi anak yang dilihat belum cukup mampu untuk mengatur waktu dan bersikap dewasa dalam menggunakan gadget. Itulah sebabnya aturan penggunaan gadget pada anak perlu untuk diketahui secara detail oleh para orang tua.
 

Jangan Kebablasan! Inilah Aturan Penggunaan Gadget Sesuai Usia Anak yang Harus Moms Tahu
source: http://www.asiaone.com/


 


Penggunaan Gadget Sesuai Usia

Hal pertama yang perlu Moms perhatikan saat akan memberikan gadget pada buah hati adalah dengan memastikan usia anak memang sudah cukup untuk menggunakan perangkat elektronik sesuai dengan ketentuannya. Secara umum, penggunaan gadget pada balita terbagi menjadi dua aturan, yaitu:

1. Usia 0-2 tahun

Untuk bayi yang masih berusia dibawah dua tahun, ada baiknya menghindari penggunaan perangkat elektronik berupa gadget untuk mengalihkan rewelnya. Pada usia ini, bayi memerlukan paparan lingkungan yang lebih aktif dan nyata seperti mainan fisik serta gambar-gambar non-screen dengan warna-warni yang beragam. Bahaya yang dapat Moms temukan jika memberikan gadget di usia yang sangat dini adalah anak menjadi mudah kecanduan. 

2. Usia 2-5 tahun

Setelah memasuki usia 2 tahun, Moms mulai bisa memperkenalkan penggunaan gadget pada si kecil. Akan tetapi, ada beberapa aturan yang perlu dikomunikasikan dengan si kecil agar dia dapat memahami konsep disiplin dan manfaat dari penggunaan gadget itu sendiri, di antaranya adalah:

  • Membatasi penggunaan gadget per jam, misalnya 1 jam per hari dengan catatan beberapa aplikasi yang memang masuk dalam klasifikasi mainan anak usia 2-5 tahun. 
  • Selalu mendampingi si kecil saat bermain gadget untuk membantu mereka memahami apa yang mereka lihat pada layar.
     
Jangan Kebablasan! Inilah Aturan Penggunaan Gadget Sesuai Usia Anak yang Harus Moms Tahu
source: http://www.gadget-cover.com/


 

baca juga


Selain itu, pastikan Moms selalu memfasilitasi anak dengan mainan yang juga tidak kalah menarik. Moms bisa memberikan anak mainan berupa lego, puzzle, atau seperangkat alat gambar untuk melatih motorik dan kreativitas si kecil dengan lebih nyata. Ingat, jangan pernah memberikan gadget untuk mendiamkan anak yang rewel karena itu dapat menjadi senjata si kecil untuk meminta bermain gadget.