1. Berjalan

Agar pembukaan jalan lahir, tentunya Moms tidak boleh hanya berdiam atau duduk-duduk saja. Moms wajib melakukan latihan atau rangsangan fisik, contohnya melakukan gerakan berjalan. Berjalan pelan akan membantu terjadinya perubahan pada sendi panggul, mendorong rotasi dan turunnya bayi. Tetapi Moms tidak perlu berjalan terlalu lama untuk meminimalisir rasa lelah. Moms juga harus menjaga stamina untuk proses persalinan nanti ya. 

source: https://www.babycenter.com

2. Menungging

Moms bisa melakukan gerakan ini setiap pagi atau sore di saat santai. Posisi ini sangat disarankan karena akan membantu mendorong kaki bayi keluar dari panggul selama kontraksi dan mengurangi tekanan pada leher rahim yang membengkak. Lakukan gerakan ini setidaknya selama 5-10 menit atau lebih mudahnya lagi Moms bisa sembari mengepel lantai secara manual. Gerakan mengepel lantai menggunakan tangan, juga dapat mempermudah jalan lahir si janin. 

source: http://ciricara.com
baca juga

3. Berdiri dengan Dua Kaki Terbuka

Melakukan gerakan fisik secara aktif memang wajib Moms lakukan untuk mempermudah jalan lahir. Contohnya seperti gerakan membuka kedua kaki sembari berdiri yang berguna untuk memudahkan bayi mendekati jalan lahir. Agar posisi seimbang, Moms juga bisa seraya bersandar ke dinding agar lebih nyaman dan tak terlalu lelah. 

source: https://hellosehat.com

4. Setengah Duduk

Mungkin di antara Moms ada yang sudah mengetahui gerakan seperti ini untuk mempermudah jalan lahir ketika melahirkan. Posisi ini sering kita lihat dan biasanya dilakukan dokter atau bidan saat melakukan pemeriksaan. Jika Moms rutin melakukan gerakan setengah duduk ini, maka bayi akan dengan mudah mendekati jalan lahir dan proses persalinan normal akan berjalan lancar. 

source: https://fimela.com