1. Latihan Yoga (Posisi Sujud)

Biasanya gerakan yoga dengan posisi sujud ini sangat sering disarankan oleh dokter untuk dilakukan wanita hamil. Tujuannya adalah untuk menghindari bayi lahir dalam posisi sungsang atau mengembalikan posisi bayi sungsang ke normal. Gerakan yoga posisi sujud ini juga mudah untuk dipraktekkan sendiri di rumah lho Moms. Caranya adalah dengan memposisikan tubuh mirip orang sujud saat solat, kemudian tahan posisi tersebut setidaknya 5-10 menit. Istirahat sebentar dan ulangi kembali gerakan tersebut.

 

Jangan Bingung Moms! Ini Cara Mengatasi Bayi Sungsang ke Posisi Normal
source: https://dzulfikar.net

2. Menstimulasi dengan Musik

Cara kedua mengembalikan posisi bayi sungsang ke normal adalah lewat menstimulasi si kecil melalui musik. Selain itu menurut penelitian medis, indera pendengaran bayi yang berusia 32 minggu umumnya sudah bisa mendengar meskipun belum terlalu optimal. Nah, cara melakukannya adalah dengan meletakkan earphone yang terhubung ke musik pada perut bagian bawah Moms. Cara ini bertujuan untuk memancing bayi agar memutar posisinya kembali normal, yakni letak kepala di bawah. 

Jangan Bingung Moms! Ini Cara Mengatasi Bayi Sungsang ke Posisi Normal
source: https://www.modernmom.com
baca juga

3. Jalan Kaki Setiap Hari 

Jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang sangat disarankan untuk ibu hamil. Selain mudah dilakukan, jalan kaki juga tidak terlalu membuat Moms kelelahan. Nah, dengan olahraga berjalan kaki ini juga dapat membantu bayi di dalam kandungan untuk bergerak kembali ke posisi normal. Moms bisa melakukan olahraga berjalan kaki kurang lebih selama 30 menit setiap hari selama kehamilan.

Jangan Bingung Moms! Ini Cara Mengatasi Bayi Sungsang ke Posisi Normal
source: https://estilo.uol.com.br

4. Menstimulasi dengan Cahaya

Tahu nggak sih Moms, cahaya juga bisa lho dimanfaatkan untuk menstimulasi bayi agar kembali ke posisi normal. Bayi berusia 32 minggu sudah mulai peka dengan cahaya yang dipantulkan melalui perut Moms meskipun ia berada di dalam janin. Untuk melakukan cara ini, pantulkan sinar ke bagian perut dengan menggunakan senter. Kemudian arahkan sinar dari atas rahim ke posisi bagian bawah, karena bayi akan mengikuti arah sinar tersebut dan bisa memutar posisinya kembali normal. 

Jangan Bingung Moms! Ini Cara Mengatasi Bayi Sungsang ke Posisi Normal
source: http://kidspot.com.au