1. Berenang

Selain berjalan kaki, melakukan olahraga berenang merupakan salah satu cara yang banyak di rekomendasikan untuk ibu hamil agar tetap bugar selama kehamilan. Selain itu dengan berenang dapat mengendurkan bagian otot perut, sehingga posisi janin yang sungsang bisa berbalik ke posisi normal. Lakukan olahraga renang minimal dua kali dalam seminggu ya moms. Tak perlu melakukan gerakan yang cepat, cukup berenang dengan santai dan gerakan yang santai. 

source: http://shannonmiller.com

2. Jalan Kaki di Pagi Hari

Olahraga dengan berjalan kaki sangat disarankan untuk ibu hamil karena tidak akan membuat moms terlalu lelah. Lakukanlah olahraga jalan kaki pada sore atau pagi hari setidaknya selama 30 menit. Tujuan rutin berolahraga jalan kaki ini agar membantu posisi bayi yang sungsang kembali normal. Selain itu imbangi juga dengan mengonsumsi banyak air putih untuk mencegah dehidrasi dan mengonsumsi sayur untuk melancarkan pencernaan. 

source: http://www.mommystrength.com
baca juga

3.  Metode External Cephalic Version (ECV)

External Cephalic Version atau biasa disebut ECV adalah teknik untuk mengembalikan posisi bayi sungsang agar kembali normal. Namun, metode ini hanya harus dilakukan oleh dokter profesional ya moms. Teknik ini biasanya dilakukan saat usia kandungan 37 minggu atau lebih. Metode ECV dilakukan dengan menekan-nekan perut moms untuk memutar posisi bayi yang sungsang. Bersarnya keberhasilan metode ini sekitar 50 %, namun metode ini juga memiliki risiko seperti ketuban pecah, bayi lahir prematur, dan abrupsi. Nah, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu ya, moms. 

source: https://www.vam.ac.uk

4. Senam Hamil

Melakukan senam hamil jugga merupakan cara yang tepat untuk mengembalikan posisi bayi sungsang ke posisi normal. Namun, sebelumnya moms wajib melakukan konsultasi ke dokter karena umumnya senam hamil untuk bayi sungsang harus diinstruksikan dengan bidan. Hal ini penting untuk dilakukan karena untuk meminimalisir risiko pada ibu dan janin. 

source: http://www.mumfidential.com