1.  Dampingi Anak Saat Menonton

Sekali lagi, tidak semua konten video yang ada di YouTube bisa ditonton anak-anak. Hal paling sederhana yang bisa Moms lakukan adalah dampingi anak saat menonton di YouTube untuk memantau video apa saja yang si kecil tonton. Selain itu, ini juga menjadi waktu yang tepat untuk berdiskusi bersama anak. Tanyakan konten atau video apa yang mereka sukai, setelah itu ajari mereka untuk memasukkan kata kunci video yang menjadi favorit mereka. Perlu selalu diingat, jangan biarkan si kecil menonton YouTube seorang diri ya, Moms. 

source: https://shutterstock.com

2. Berikan Jadwal

Stop membiarkan anak menonton video YouTube setiap hari dan jangan memberikan ia kebebasan untuk menggunakan gadget ya Moms. Berikan jadwal khusus kapan si kecil boleh memegang gadget dan menonton video di YouTube. Misalnya, Moms bisa membebaskan ia untuk menonton YouTube di hari Sabtu atau Minggu. Tak hanya itu, Moms juga harus memberikan batasan waktu berapa lama si kecil boleh menonton YouTube. Misalkan satu sampai dua jam anak diperbolehkan untuk memegang gadget. 

source: https://dissolve.com
baca juga

3. Subscribe

Ajarkan anak untuk mendaftar (subscribe) konten video yang mereka sukai. Ini untuk menghindari anak mencari konten-konten lain yang belum tentu cocok untuknya. Nah, dengan cara mendaftar, Moms juga mendapatkan pemberitahuan jika ada video baru yang menjadi favorit si kecil. Selain itu, ajak juga anak untuk bermain di luar dan tidak selalu meluangkan waktu mereka hanya di depan gadget atau laptop. Biasakan anak untuk mengenal dunia luar seperti bermain di taman dan sebagainya. 

source: http://workitmom.com

4. Rekomendasikan Pada Anak Untuk Bermain Game Edukatif

Jangan hanya membiarkan anak untuk selalu menonton konten video film atau musik saja. Moms bisa mengarahkan si kecil untuk bermain game online di YouTube namun bertema edukatif. Selain sebagai sarana hiburan anak, dengan bermain game edukatif juga bisa melatih daya ingat dan kemampuan ia dalam berpikir. 

source: https://www.appletreebsd.com