1. Ciri Keputihan yang Normal Saat Hamil

- Cair atau encer

Keputihan yang normal saat hamil lebih cenderung cair dan encer. Nah, kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan. Moms cukup membersihkan keputihan dan area Miss V menggunakan air bersih atau pembersih kewanitaan yang aman dan tak beraroma tajam.

- Warnanya bening atau sedikit putih susu

Jika keputihan berwarna bening atau sedikit putih susu, tidak perlu takut, karena itu masih batas wajar atau normal. 

- Jumlahnya sedikit

Jika jumlah keputihan tidak sampai memenuhi celana dalam, maka tak perlu khawatir. Karena keputihan yang wajar dan tak berbahaya jumlahnya sedikit. 

- Hampir tidak berbau

Keputihan yang normal dan tak berbahaya biasanya tidak berbau busuk. Beda dengan keputihan berbahaya yang menimbulkan bau busuk dan gatal yang luar biasa. 

- Tidak gatal ataupun nyeri 

Jika keputihan tidak meninggalkan gatal ataupun nyeri, maka tak perlu takut. Moms hanya cukup mengganti celana dalam tepat waktu agar Miss V tidak lembab dan tetap kering. 

- Cairan tidak lengket

Biasanya keputihan yang berbahaya akan menimbulkan rasa lengket dan membuat tidak nyaman. 
 

source: http://www.curhatbidan.com

2. Ciri Keputihan yang Normal Saat Hamil

- Cairan sangat kental

Keputihan yang berbahaya dan tidak normal biasanya menggumpal seperti butiran tahu hancur

- Biasanya bewarna putih susu

Keputihan tak normal ditandai dengan bau yang sangat pekat hingga kuning atau berwarna hijau. Jika Moms mengalami ini, ada baiknya segera konsultasikan ke dokter agar dapat penanganan yang tepat.

- Cairan lengket 

Berbeda dengan keputihan normal, keputihan yang berbahaya dan tidak normal biasanya bertekstur lengket. Kondisi ini pasti membuat Moms tidak nyaman ketika beraktivitas. 

- Menimbulkan bau tak sedap

Keputihan yang tak normal maka akan menimbulkan bau tak sedap, bahkan ada yang berbau busuk atau menyengat.

- Menyebabkan gatal-gatal dan nyeri 

Moms wajib waspada jika keputihan menimbulkan gatal-gatal dan nyeri. Bagi ibu hamil tentunya ini akan mengganggu aktivitas dan membuat tidak nyaman. 

- Jumlah cairannya banyak

Keputihan normal biasanya jumlahnya sedikit sekali, namun tidak dengan keputihan yang tidak normal. Selain itu keputihan yang berbahaya biasanya akan meninggalkan bercak noda pada pakaian dalam. 
 

source: https://pregnantchicken.com