Jangan Panik

Siapa sih ibu yang tidak khawatir melihat darah yang bercucuran dari hidung si kecil? Yup, mimisan memang terlihat menyeramkan ladies, tetapi ini merupakan hal yang wajar dialami oleh anak-anak kok. So, sebagai ibu yang baik, kamu harus dapat mengontrol dan mendoktrin diri kamu untuk tidak panik. Beautynesian bisa menarik nafas yang dalam beberapa kali untuk menenangkan diri kamu. Dengan perasaan yang tenang, kamu bisa berpikir jernih sehingga dapat langsung bertindak untuk mengatasi mimisan yang dialami oleh buah hatimu.
 

source: http://www.sabah.com



Tenangkan Si Kecil

Setelah dirimu tenang, langkah selanjutnya ialah memastikan bahwa si kecil tidak menjadi panik juga. Beautynesian perlu menenangkan dan memberitahu si kecil bahwa ia tidak apa-apa. Katakan padanya bahwa tidak ada yang serius dan semuanya akan baik baik saja, jadi ia harus menuruti setiap perintah diberikan selanjutnya. Oh iya, sentuhan, elusan, dan pelukan dapat membuat si kecil menjadi lebih tenang.

source: https://www.theindusparent.com
baca juga



Pastikan Posisi Kepala Si Kecil Tepat

Pertama-tama, pastikan bahwa si kecil duduk dengan kepala yang agak condong kedepan atau menunduk. Jangan biarkan si kecil menengadahkan kepalanya, bersandar, ataupun berbaring telentang. Why? Karena posisi-posisi ini dapat membuah darah dari saluran hidung bagian dalam mengalir ke tenggorokkan ataupun kerongkongan, yang dapat membuat si kecil kaget sehingga ia dapat tersedak, batuk, bahkan muntah.


Ambil Tisu untuk Menutup Aliran Darah

Selanjutnya, ambil tissue ataupun handuk yang bersih dan letakkan pada rongga hidung si kecil untuk menutup akses darah yang keluar dan minta si kecil bernafas dengan mulutnya. Sambil melakukan ini, Beautynesin perlu menekan-nekan hidung si kecil yang lunak dengan pelan dan stabil selama sekitar 10 menit, untuk menghentikan pendarahan yang ia alami. Setelah 10 menit, hentikan aktivitas tersebut dan perhatikan aapakah mimisan yang dialami si kecil sudah berhenti.


Jika Pendarahan Masih Belum Berhenti, Pencet Hidung Si Kecil

Jika pendarahan masih belum berhenti, kamu bisa memencet hidung Si Kecil selama beberapa menit (kurang lebih 10 menit) dan meminta Si Kecil bernafas dengan mulutnya. Bila hanya satu lubang hidung yang masih mengeluarkan darah, Beautynesian cukup memencet rongga hidung yang itu ya. Namun, jika Si Kecil tidak nyaman dengan kondisi hidungnya yang dipencet, kamu bisa mengkompres tulang hidungnya dengan es ataupun kompres dingin selama kurang lebih 10 menit.

Jika pendarahannya masih belum berhenti, ada baiknya jika kamu segera menghubungi dokter, ladies. Satu lagi, jangan pernah berpikir untuk menghentikan pendarahan dengan menyumbat lubang hidung Si Kecil dengan kapas atau tisu ya. Karena, sesaat setelah kamu melepas kapas tersebut, pendarahan akan terjadi kembali.

source: http://www.ashfordfirstaidtraining.co.uk/

Good luck dalam melakukan pertolongan pertama ketika Si Kecil mimisan, semoga ia cepat sembuh ya!