1. Pura-pura Jadi Driver Ojek Online

Banyak para orangtua saat ini lebih memilih ojek online untuk mengantar dan menjemput anak ketika sekolah. Selain murah, ojek online juga terbilang aman untuk menjadi akomdasi Sang anak untuk beraktivitas sehari-hari. Namun, hal ini dimanfaatkan oleh penculika sebagai modus baru untuk mengelabuhi para orangtua. Nah, mengetahui hal ini moms wajib waspada terhadap modus penculikan yang terbilang baru ini. Sebaiknya moms mengecek kembali aplikasi yang ada di handphone driver untuk memastikan bahwa driver tersebut merupakan benar-benar ojek online asli. 

Ini Macam-macam Modus Baru Penculikan Anak , Moms Harus Waspada!
source: https://ryokusumonote.files.wordpress.com

2. Menuduh Orangtua Korban Sebagai Penculik

Modus baru kasus penculikan yang banyak digunakan selanjutnya adalah Si penculik justru menuduh orangtua korban sebagai pelaku penculikan. Bahkan mereka berkelompok lebih dari dua orang untuk menyakinkan orang lain yang melihat. Dalam hal ini moms harus mengajarkan Si kecil untuk menjadi pribadi yang aktif berbicara dan mudah bercerita. Ajarkan anak untuk menjadi anak yang spontan berbicara dalam hal-hal yang berbahaya seperti kasus penculikan. 



 

Ini Macam-macam Modus Baru Penculikan Anak , Moms Harus Waspada!
source: http://www.tagar.id
baca juga

3. Mencari Anak yang Berjalan Sendirian

Modus yang satu ini justru marak terjadi baru-baru ini dan banyak sekali memakan korban anak-anak yang baru pulang sekolah dan berjalan sendirian. Cara para penculik ini yakni, menarik anak yang sedang sendirian bejalan ke atas motor dan membawa anak. Untuk menghindari modus ini, moms wajib meminta anak untuk tidak berjalan sendirian saat pulang sekolah. Mintalah ia untuk pulang berkelompok atau minta diantar salah satu petugas sekolah atau orang terdekat untuk menjemputnya. 

Ini Macam-macam Modus Baru Penculikan Anak , Moms Harus Waspada!
source: https://kompasiana.com

4. Mencuri Foto Anak dari Sosial Media

Modus penculikan saat ini sudah merambah dengan cara digital, yakni dengan foto-foto dan data diri anak kita melalui internet. Selanjutnya mereka mengunggah kembali foto anak kita menggunakan akun palsu dan menyatakan bahwa anak tersebut merupakan anaknya. 
Selain itu ada juga modus penculikan dengan berpura-pura menjadi gelandangan atau orang gila agar tidak mudah dicurigai. 

Ini Macam-macam Modus Baru Penculikan Anak , Moms Harus Waspada!
source: https://www.bairuindra.com