1) Membangun Percaya Diri

Kepercayaan diri merupakan salah satu hal yang wajib ditanamkan dalam diri anak sejak dini. Selain mengajar anak lewat pendidikan karakter di rumah atau di sekolah, pengalaman percaya diri juga bisa didapatkan anak lewat interaksi dengan alam bebas. Ketika anak membuka pintu dan berjalan keluar rumah, itu berarti ia siap menerima setiap tantangan yang akan ditemuinya di luar. Cobalah mengajak anak bermain di sekitar rumah terlebih dahulu, seperti di halaman belakang, taman komplek, lalu pergilah menjelah bersama dengan masuk ke hutan atau pergi ke air terjun di kaki gunung. 
 
1) Membangun Percaya Diri
source: https://earth911.com

2) Meningkatkan Kreativitas dan Daya Imajinasi

Tentu saja Moms ingin si kecil tumbuh menjadi anak yang kreatif dan imajinatif bukan? Tunggu apalagi, ayo ajak ia bermain dan menjelajah alam bebas. Di sana anak bisa bermain apa saja karena segala hal bisa dibuat menjadi permainan. Selain itu, ia dengan leluasa bisa menciptakan permainannya sendiri dengan daya imajinasinya. Moms pasti akan bangga ketika si kecil menemukan hal-hal baru yang sama sekali tidak diduga sebelumnya. 

 
2) Meningkatkan Kreativitas dan Daya Imajinasi
source: https://www.carnegielibrary.org
baca juga

3) Melatih Anak untuk Aktif Bergerak

Di zaman sekarang banyak sekali anak-anak yang lebih suka duduk diam sambil menonton acara televisi favoritnya ataupun bermain games di smartphone maupun tablet. Hal ini tidak akan terjadi kepada si kecil kalau Moms selalu mengajaknya bermain di alam bebas. Ada banyak permainan yang membutuhkan gerak fisik yang bisa dilakukan seperti bersepeda, bermain bola dan sebagainya. Semakin sering anak bergerak maka tubuhnya akan semakin kuat dan pikirannya lebih fokus. 
 

3) Melatih Anak untuk Aktif Bergerak
source: http://www.telegraph.co.uk

4) Kurangi Stres dan Rasa Lelah

Anak juga bisa merasa stres dan kelelahan seperti halnya orang dewasa. Apalagi kalau anak hanya menghabiskan waktu di rumah seharian. Ia pasti akan cepat bosan karena hanya melakukan aktivitas yang sama setiap hari. Oleh karena itu, usir kejenuhan itu dengan mengajak anak bermain di alam bebas. Pergilah ke pinggiran kota yang di mana banyak pohon tumbuh dan tak ada polusi. Udara segar akan menenangkan pikiran anak. Begitupun dengan pikiranmu, Moms! 
 

4) Kurangi Stres dan Rasa Lelah
source: http://us.envirokidz.com