1. Jangan Lupa Peralatan Safety

Bermain di alam bebas erat sekali kaitannya dengan keamanan fisik. So, jangan pernah lupa untuk membekali anak dengan safety equipment sebelum keluar dari pintu rumah ya, Moms. Contohnya, anak tidak memakai sepatu ataupun sandal yang licin dan membuatnya mudah tergelincir. Saat mengajaknya untuk hiking, pakaikan outer yang menyerap keringat dan sepatu yang ringan. Sementara saat anak bersepeda, selalu upayakan anak memakai helm untuk melindungi kepala dan pelindung untuk bagian kaki ataupun lengan sebagai tambahannya. 
 

1. Jangan Lupa Peralatan Safety
source: http://theflyingkids.com

 

2. Selalu Siapkan Obat-Obatan

Saat mengajak anak keluar rumah, maka di dalam tas Moms harus selalu tersedia tas kecil untuk menyimpan obat-obatan seperti minyak angin dan obat luar untuk mengantisipasi apabila anak terluka ataupun terjatuh. Meski berhati-hati sekalipun, tak menutup kemungkinan anak akan mengalami kecelakan kecil seperti tergelincir atapun sakit karena masuk angin dan sebagainya.
 

2. Selalu Siapkan Obat-Obatan
source: https://www.webmd.com

 
baca juga

3) Hindari Anak Pergi atau Bermain Sendiri

Selama bermain di alam bebas, anak harus tetap dalam pengawasan orangtua dan orang dewasa lainnya. Moms tidak pernah tahu akan niat jahat dengan orang-orang asing yang mungkin ditemui anak ketika bermain di luar. Apalagi sekarang sedang marak penculikan anak-anak. 
Selalu nasehati anak untuk berhati-hati dengan orang asing yang tidak dikenalnya. Jangan mudah menerima ajakan orang asing untuk pergi ke suatu tempat atau menerima pemberian dari orang tak dikenal. 
 

3) Hindari Anak Pergi atau Bermain Sendiri
source: http://yorick.kz

 

4. Ajari Anak Untuk Tidak Merusak Alam

Selain keamanan anak selama bermain di alam bebas, kamu juga perlu mengajari anak untuk lebih mencintai alam dengan tidak merusak hal-hal ditemuinya. Misalnya memetik bunga, menginjak serangga dan lain-lain. Beritahu anak bahwa semua hal yang ada di dunia memiliki manfaat masing-masih sehingga tak sepatutnya dirusak. Dengan begitu, dalam dirinya akan tumbuh perasaan menghargai alam tempatnya tinggal. 
 

4. Ajari Anak Untuk Tidak Merusak Alam
source: https://www.parentingclub.co.id