1. Menyusui dengan Payudara yang Tidak Lecet

Beruntung perempuan dikaruniai dengan dua buah payudara. Hal ini dapat mendukung saat Moms menyusui si kecil. Misalnya, yang lecet adalah puting payudara kanan, maka Moms tetap bisa menggunakan payudara yang sebelah kiri. Ketika salah satu puting lecet, maka andalkan satu payudara untuk menyusui. Tapi, jangan lupa untuk mengobati bagian puting yang lecet ya, Moms. Berkonsultasilah dengan dokter tentang obat luar yang tepat untuk mengobati lecet itu.
 
1. Menyusui dengan Payudara yang Tidak Lecet
source: http://www.heraldlive.co.za


 

2. Temukan Posisi Menyusui yang Nyaman

Cobalah beberapa posisi menyusui yang membuat Moms nyaman dan puting tidak terlalu sakit ketika bayi menyedot ASI. Salah satu posisi yang cukup nyaman adalah dengan posisi setengah berbaring di atas tempat tidur. Posisi ini akan membantu ASI keluar lebih banyak tanpa disedot kuat oleh si bayi. Dengan begitu dapat meminimalisasi rasa nyeri pada puting ibu. 
 
2. Temukan Posisi Menyusui yang Nyaman
source: http://www.pudra.com

 
baca juga

3. Memerah ASI

Kalau ternyata rasa sakit sangat mengganggu dan Moms tidak bisa menahannya, maka Moms bisa menghentikan menyusui dengan payudara langsung. Sebagai gantinya, berikan ASI perah kepada si kecil. Moms bisa memerah ASI dengan menggunakan tangan, lalu diberikan kepada si kecil melalui botol. Setelah payudara sembuh, maka susui bayi seperti semula. 
 

3. Memerah ASI
source: http://www.sleepreviewmag.com


 

4. Cari Tahu Penyebab Lecet

Puting lecet tentu tidak terjadi begitu saja, melainkan disebabkan oleh beberapa hal. Beberapa penyebabnya seperti teknik menyusui yang tidak tepat atau tidak terjadi perlekatan (latch on). Oleh karena itu, pelajari teknik menyusui dengan tepat ya, Moms. Kamu bisa berkonsultasi langsung dengan konsultan laktasi mengenai hal ini. Selain itu, mungkin saja dipengaruhi oleh anatomi mulut bayi. Apabila puting terus menerus sakit saat menyusui dan tidak kunjung sembuh, bisa jadi ada masalah tongue-tie pada lidah sang bayi. Jika masalahnya karena ini, segeralah ke dokter ya! 
 

4. Cari Tahu Penyebab Lecet
source: https://www.medela.ca