Bermain dengan Play-Dogh

Play-dogh menjadi permainan favorit untuk semua anak, setuju Moms? Tidak hanya sekedar membentuk sesuatu dengan play-dogh yang menjadikan permainan ini menarik lho Moms, Play-dogh juga membantu stimulasi motorik halus si kecil. Meremas dan membentuk play-dogh dapat menguatkan otot tangan sekaligus sebagai pengalaman untuk melatih indra sentuh (sensory play)

source: https://www.kidzplay2learn.com/wp-content/uploads/2017/04/Creative-spring-and-Easter-activities-for-fine-motor-skill-development-playdough-flowers-4-1000x666.jpg

Melukis Tangan

Mewarnai jari tangan membantu menguatkan kemampuan kordinasi tangan dan mata serta ketagkasan jari. Moms hanya perlu menyediakan kertas, cat air, dan jangan lupa alasi tempat main si kecil dengan alas yang mudah dibersihkan. 
 

source: http://parentingsquad.com/files/parentingsquad.com/styles/605x340/public/blog-images/girl-fingerpainting-518487283-small.jpg?itok=Tr4hKohU
baca juga

Meronce manik-manik

 Saat anak meronce, kemampuan koordinasi mata dan tangan akan dilatih. Selain itu, meronce dapat mengembangkan kemampuan anak untuk memanipulasi objek sehingga anak menjadi lebih kreatif dengan warna dan bentuk. Sediakan manik-manik dengan berbagai warna dan ukuran, dan benang atau senar sebagai gantungan,

source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRmH9cViETDAZ07RpgZNeOudop9Y4O_hXa7O1ghue1CvD__ez8b0w

Memisahkan Warna

Banyak permainan yang bisa Moms pilih untuk melatih pengetahuan anak tentang warna sekaligus melatih kemampuan motorik halus dan konsentrasi. Salah satu contoh permainan yang cukup mudah Moms lakukan dari dalam rumah adalah memisahkan pom-pom atau manik-manik dalam wadah sesuai warnanya. Siapkan wadah dengan warna berbeda (atau beri label warna), lalu minta anak memindahkan pompom atau manik-manik ke dalam wadah sesuai warnanya.

source: https://www.messforless.net/wp-content/uploads/2015/03/fine-motor-skills-for-kids.jpg
baca juga

Menyusun Balok

Menyusun balok adalah permainan favorit bagi anak-anak berikutnya. Siapa sih anak yang tidak suka dengan permainan ini? Melalui kegiatan menyusun balok, kemampuan kordinasi tangan, mata, ketelitian dan kreatifitas anak lebih terasah. Moms juga bisa menyediakan balok berpola yang populer di pasaran dan minta anak membuat sesuatu dengan balok tersebut.

source: https://img.huffingtonpost.com/asset/564f54421700004b00e1a3a8.jpeg?ops=scalefit_720_noupscale

Melompat di Jalur Kereta

Kegiatan melompat, berlari, menjaga keseimbangan dan menendang sangat dibutuhkan oleh setiap anak untuk mengasah motorik kasarnya. Tidak hanya dapat dilakukan di luar rumah kok Moms, Kamu dapat juga mengajak anak bermain di dalam rumah. Buatlah jalur kereta dengan menggunakan isolasi warna atau kertas. Berikutnya, minta anak untuk melompat atau berjalan sesuai jalur. 
source: https://handsonaswegrow.com/wp-content/uploads/IMG_5968-001.jpg

Permainan pohon apel

Melalui permainan pohon apel, Moms dapat melatih keseimbangan, ketangkasan sekaligus kemampuan motorik tangan si kecil. Buatlah pola pohon apel dengan menggunakan isolasi hitam atau berwarna, lalu tempelkan gambar apel pada tiap ujung cabang. Minta anak untuk berjalan, melompat, atau berlari pelan dan mengambil apel tersebut.


Selamat bermain Moms

source: https://handsonaswegrow.com/wp-content/uploads/2016/09/apple-picking-gross-motor-activity-20160902-650.jpg