Imunisasi merupakan salah satu pencegahan yang dilakukan untuk menghindari terjadinya berbagai penyakit dan mengakibatkan seseorang sakit, cedera atau cacat.
 
Lalu, Mengapa Imunisasi Perlu Dilakukan Sejak Bayi?
 
Pertanyaan itu mungkin seringkali terngiang ditelinga para orangtua, terlebih lagi bukankan bayi sebenarnya sudah memiliki antibodi dari sang ibu yang sudah ia terima selama masih di dalam kandungan?
 
Ya, bayi memang mendapatkan kekebalan tubuh yang ia terima dari ibu. Sayangnya, kekebalan tubuh itu tidak bertahan lama atau hanya bertahan selama beberapa minggu. Setelah itu, bayi akan rentan terhadap berbagai penyakit sehingga perlu memproduksi antibodi sendiri.
 

source: http://ibudanmama.com/kesehatan/kesehatan-keluarga/imunisasi-campak/


Membantu Bayi Membentuk Sistem Kekebalan

Nah, disinilah tugas imunisasi yaitu untuk membantu bayi membentuk sistem kekebalan tubuhnya sendiri sehingga dapat melawan berbagai penyakit ke depannya. Selain itu imunisasi dilakukan  juga untuk mencegah penyebaran penyakit, seperti meningitis bakteri, cacar air, infeksi saluran pernafasan, tetanus, influenza, hepatitis A dan B, polio dan sebagainya.
 
Imunisasi sudah dilakukan di Indonesia sejak tahun 70-an. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak berkembang luas di masyarakat tentang imunisasi, seperti penyakit hilang sebelum vaksin diperkenalkan, akibat perbaikan sanitasi dan hygiene. Karena itulah, banyak yang berpendapat tidak perlu melakukan imunisasi.
 
Selain itu, masyarakat selama ini beranggapan kalau imunisasi dapat menyebabkan anak terserang demam, bisa menyebabkan kesakitan, dan bahkan kematian. Padahal pandangan tersebut tidak benar sama sekali. Pasalnya imunisasi justru bertujuan untuk melindungi tubuh Si Kecil. Hanya saja imunisasi memiliki efek samping yang terbilang ringan seperti pegal dibagian lengan maupun demam ringan. Namun, kondisi tersebut terbilang aman.
 

source: http://ritty.ru/baby/skol-ko-raz-v-den-dolzhen-kakat-novorozhdenny-j-rebenok/
baca juga



Oleh sebab itu, janganlah ragu untuk melakukan imunisasi karena alasan anak mendapatkan imunisasi yaitu anak harus dilindungi dan imunisasi dapat melindungi anak-anak di sekitarnya yang tidak mendapatkan imunisasi apabila cakupan imunisasi tinggi.
 
Nah, sudah jelas bahwa dampak imunisasi lebih besar daripada perbaikan sanitasi. Penghentian imunisasi akan meningkatkan kembali angka kejadian penyakit. Dengan demikian imunisasi amat penting dan berguna untuk mencegah penyakit. So, jangan ragu untuk melakukan imunisasi ya!