Pijat pada bayi bertujuan mengoptimalkan tumbuh kembang bayi jika dilakukan secara rutin tiga kali dalam sehari selama 15 menit. Selain itu, apa saja sih manfaat pijat yang didapatkan bayi? Berikut di antaranya:

  1. Dapat membantu menaikkan berat badan bayi
  2. Meningkatkan frekuensi menyusui bayi
  3. Membantu relaksasi pada bayi
  4. Agar bayi dapat tidur lebih lama dan nyenyak
  5. Frekuensi menangis dan rewel menjadi berkurang
  6. Membantu bayi agar lebih santai dan tidak mudah marah
  7. Mental, sosial dan fisik juga lebih berkembang
  8. Memberikan ikatan batin antara ibu dan bayi (jika dilakukan sendiri).
source: http://www.wellnessunited.com/tiddley-pom-organic-baby-spa/



Itulah segudang manfaat yang didapatkan dengan memijat bayi. Namun, kamu tidak bisa sembarangan melakukannya, karena salah-salah justru bisa berdampak sebaliknya. Tak perlu pusing, karena kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Karena menyentuh bayi, akan mengeluarkan hormon oksitosin yang dapat memberikan perasaan cinta dan rasa hangat. Penasaran? Ini cara benar pijat pada bayi:

1. Ruangan Nyaman
Sebelum memutuskan untuk melakukan pijat pada bayi, kamu harus memastikan untuk memilih ruangan yang nyaman terlebih dahulu. Ruangannya harus hangat dan tenang, agar bayi juga bisa tenang. Setelah itu lepaskan semua perhiasaan, seperti cincin dan gelang dan mulai menyiapkan baby oil.

2. Melepas Semua Pakaian Bayi
Setelah semua persiapan sudah selesai semuanya, barulah mulai untuk melepas pakaian bayi satu per satu. Jangan melepas pakaian bayi sebelum semua persiapan selesai, karena kondisi tersebut justru hanya akan membuat bayi kedinginan. Kemudian baringkan bayi menghadap ke atas dan letakkan handuk lembut atau selimut dengan bantal di bawah kepalanya.

3. Mulai Memijat
Jika posisi bayi sudah benar, mulailah memegang tangan bayi dan menggosok lembut telapak tangannya dengan jari ibu dan jangan lupa untuk menggunakan baby oil. Setelah itu, beralih ke arah kaki bayi dan lakukan hal yang sama hingga ke sekujur tubuh.

 
source: http://www.hamanek.cz/magazin/zdravi/vojtova-metoda/



Namun, sebelum memijat bayi, kamu harus mengetahui kapan waktu yang tepat yaitu saat bayi tidak merasa kenyang atau lapar. Selain itu, jika bayi terlihat tidak mau dipijat sebaiknya tidak dilakukan dan jangan bangunkan bayi untuk dpijat karena hanya akan membuatnya menjadi rewel. Semoga bermanfaat!