ASI mengandung setidaknya 400 nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan lainnya yang diperlukan bayi agar dapat tumbuh optimal dan terbebas dari segala penyakit. Karena itulah, ibu mewajibkan memberikan ASI eksklusif kepad bayi selama enam bulan dan dilanjutkan selama dua tahun dengan disertai dengan pemberian MPASI saat usia Si Kecil sudah enam bulan.
 
Oleh sebab itu, semua ibu tentunya tidak akan mau melewatkan momen memberikan ASI kepada bayi. Namun, terkadang ada saja halangan yang membuat kamu tidak dapat menyusui secara optimal, seperti payudara bengkak.
 
Namun sebelum itu, sebaiknya kamu dapat membedakan dulu antara payudara bengkak atau payudara penuh. Payudara penuh biasanya kamu akan mengalami panas, bengkak, keras, ada gumpalan di payudara, tapi ASI tetap mengalir dan tidak demam. Sementara, jika payudara bengkak adalah suatu keadaan dimana payudara kamu akan menjadi keras, sakit, tegang, puting mengkilat, ASI tidak mengalir, demam selama 24 jam, edema (membesar seperti berisi cairan) dan terjadi kemerahan disekitar payudara.
 
Nah, sayangnya kebanyakan ibu akan mengistirahatkan payudaranya karena berbagai alasan. Padahal seharusnya kamu tetap berusaha agar ASI tetap mengalir untuk mengatasi pembengkakan. Bila ASI tidak keluar maka akan timbul mastitis, produksi ASI berkurang dan terbentuknya abses.

source: https://www.theodysseyonline.com/breastfeeding-in-public



Berikut ini cara yang dapat kamu lakukan untuk sendiri di rumah untuk melancarkan ASI dan meredakan bengkak pada payudaramu:

  1. Kompreslah payudara dengan air hangat atau mandi air hangat
  2. Keluarkan ASI sedikit sebelum menyusui agar payudara lebih lunak dan akan memudahkan bayi menyusu
  3. Saat bayi sedang menyusu, kamu dapat memijat payudara agar ASI lebih mudah mengalir
  4. Ada juga dapat merangsang payudara dan puting
  5. Saat sedang menyusui pastikan kamu serta bayi mendapatkan posisi yang nyaman
  6. Setelah bayi selesai menyusui, jangan lupa letakkan kompres dingin pada payudaramu untuk mengurangi edema.
source: http://asibayi.com/arsip/carriwell-therapeutic-breast-soother/


Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meredakan pembengkakan pada payudara saat menyusui, karena walau bagaimana pun Si Kecil tetap membutuhkan ASI. Ibu yang bijak adalah ibu yang dapat memenuhi kebutuhan ASI si kecil.