1. Berikan ASI

Moms dapat berhemat dengan memberikan ASI kepada si buah hati. Selain tak perlu mengeluarkan banyak uang, ASI juga alami dan memiliki banyak nutrisi yang diperlukan bayi untuk tumbuh-kembangnya. Bayi yang mengonsumsi ASI tak perlu diberikan susu formula lagi, jadi Moms bisa menghemat pengeluaran hingga jutaan rupiah setiap bulannya. 
 

1. Berikan ASI
source: http://www.slate.com

 

2. Pertimbangkan Pemakaian Popok Clodi daripada Pospak

Pemakaian cloth diapers atau clodi memang akan lebih merepotkan, karena Moms perlu mencucinya setiap hari. Tapi, kalau tujuan Moms ingin berhemat, maka hal ini sangat bisa dipertimbangkan, ketimbang membeli popok sekali pakai. Atau Moms bisa menyiasatinya dengan menyetok keduanya. Di rumah pakaikan bayi clodi sementara kalau sedang keluar rumah pakaikan diapers. 
 

2. Pertimbangkan Pemakaian Popok Clodi daripada Pospak
source: http://www.momjunction.com

 
baca juga

3. Belanja Perlengkapan Second, Kenapa Tidak?

Banyak perlengkapan bayi yang harganya cukup mahal, contohnya stroller, car seat dan lainnya. Nah, untuk menghemat pengeluaran membeli perlengkapan seperti itu, maka cobalah beli yang bekas pakai atau second hand. Moms bisa mendapatkan perlengkapan bayi second ini lewat online ataupun di garage sale. Kadang pemakai sebelumnya bisa menjual stroller ataupun car seat setengah harga dari harga asli. Tapi, tetap perhatikan kebersihan dan keamanan barang second yang akan Moms beli ya. 
 
3. Belanja Perlengkapan Second, Kenapa Tidak?
source: https://www.timeout.com

 

4. Belanja saat Diskon

Tips berhemat pengeluaran selanjutnya adalah belanjalah kebutuhan bayi di pameran. Selama tahun 2018 ini akan ada banyak gelaran pameran ibu dan anak yang menjual hampir seluruh perlengkapan bayi. Nah, biasanya di pameran tersebut diberikan diskon besar-besaran. Jadi, ini merupakan waktu yang tepat untuk belanja sebanyak-banyaknya dan menyetok segala kebutuhan bayi. 
 
4. Belanja saat Diskon
source: http://www.diynetwork.com

 
baca juga

5. Buat Makanan Sendiri

Kalau selama ini Moms lebih suka membeli makanan di luar ketimbangan memasak untuk keluarga, maka coba ubah kebiasaan itu. Cobalah untuk memasak untuk keluarga setiap harinya. Selain lebih sehat, memasak juga akan mengurangi pengeluaran. Bahkan Moms bisa berhemat hingga jutaan rupiah setiap bulannya. Buktikan yuk, Moms!