1. Menunda Hingga Terlambat

Ingat Moms, persiapan dana pendidikan anak bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Pasalnya, biaya pendidikan cukup mahal. Selain itu, periode sekolah tak hanya satu atau dua tahun, melainkan hampir separuh dari kehidupan seseorang. Oleh karena itu, jangan pernah menunda merencanakan keuangan untuk pendidikan anak. Selalu alokasikan pendapatan tiap bulan untuk biaya ini. 
 
4 Kesalahan Orang Tua Saat Menyiapkan Dana Pendidikan Anak
source: https://money.usnews.com

 
2. Salah Membeli Produk

Kalau zaman dahulu, orangtua cenderung menyisihkan pendapatan untuk tabungan pendidikan anak. Sebenarnya hal ini tidaklah salah, hanya saja tabungan tidak dapat mengejar kenaikan biaya pendidikan yang selalu bertambah tiap tahun. Nah, Moms bisa mempertimbangkan untuk beralih ke produk asuransi. Dengan membayar premi setiap bulan secara teratur, Moms tidak perlu terlalu khawatir akan besaran biaya pendidikan anak saat masuk SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi karena sudah ditanggung oleh asuransi. 
 
4 Kesalahan Orang Tua Saat Menyiapkan Dana Pendidikan Anak
source: https://id.pinterest.com

 
baca juga
3. Mengabaikan Inflasi

Dana pendidikan menyangkut biaya yang akan dipakai anak saat masuk sekolah, jadi bukan digunakan hari ini atau sekarang. Di masa depan, tak menutup kemungkinan terjadi inflasi biaya pendidikan. Bahkan, sudah tampak mulai sekarang. Kenaikan dana pendidikan bahkan bisa sampai 20 persen. Jadi, pertimbangkan hal ini dalam menyiapkan dana pendidikan anak, Moms. Jangan sampai, Moms dan Dads mengalami kekurangan dana saat anak akan masuk sekolah. 
 
4 Kesalahan Orang Tua Saat Menyiapkan Dana Pendidikan Anak
source: http://heathbakerlaw.com

 

4. Berutang ke Orang yang Tak Tepat

Dalam hidup sulit sekali untuk tidak berutang kepada seseorang. Berutang adalah hal wajar, namun harus ada tanggung jawab untuk melunasinya. Berutang untuk biaya anak sekolah banyak dilakukan oleh para orangtua. Kalau Moms dan Dads ingin mendapatkan dana lewat utang, maka bijaklah mencari sumber dana yang tidak memberatkan. Hindari berutang kepada rentenir yang mewajibkan bunga yang tidak sedikit. Lebih aman meminjam dana dari sanak keluarga dan bernegosiasi untuk memberika bunga kecil atau tidak sama sekali. 

4 Kesalahan Orang Tua Saat Menyiapkan Dana Pendidikan Anak
source: http://www.rapicredit.com