Pada trimester pertama kehamilan, mungkin ibu bisa tidur dengan posisi apa pun asal bisa membuat merasa nyaman. Karena memang perut ibu belum membesar. Namun, biasanya mereka akan mulai merasa cemas setelah memasuki usia kehamilan trimester ke dua. Umumnya kebanyakan dari ibu takut kalau posisi tidurnya akan membahayakan janin.

Namun ibu tak perlu khawatir, karena berikut ini adalah beberapa posiisi tidur yang aman untuk ibu hamil?



1. Menyamping ke Kiri
Beberapa ahli menyarankan agar ibu hamil tidur dalam posisi menyamping ke kiri. Posisi tidur ini dapat melancarkan sirkulasi darah menuju jantung maupun menuju rahim, janin dan ginjal. Selain itu, tidur pada posisi menyamping ke kiri ini juga dapat mengurangi pembengkakan dibagian pergelangan kaki, kaki dan juga tangan. Tak hanya itu, posisi itu juga dapat membantu ginjal bekerja lebih baik untuk membersihkan zat sisa dan cairan dari tubuh.
source: https://www.laksani.com/posisi-tidur-ibu-hamil/
baca juga


2. Jangan Terlentang
Ibu hamil dianjurkan untuk tidak tidur terlentang setelah bulan kelima atau sudah memasuki trimester kedua kehamilan. Mengapa? Karena jika ibu hamil tidur dengan posisi terlentang dapat membuat tekanan pada pembuluh darah utama meningkat dan menghambat peredaran darah ke tubuh ibu termasuk ke janin.
source: http://glyderm.co.id/health/2015/12/10posisi-tidur-yang-tepat-saat-hamil


3. Menggunakan Banyak Bantal
Bantak memang berfungsi agar ibu bisa tidur dengan nyaman. Jika ibu merasa sesak atau mengalami nafas pendek, letakkanlah bantal di bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada ibu. Nah, jika ibu merasakan sakit pada ulu hati, letakanlah beberapa bantal dibagian kepala sampai posisinya menjadi lebih tinggi. Sementara itu, untuk menyangga tubuh tetap dalam posisi menyamping ke kiri, ibu dapat mengganjal dengan bantal di bagian perut dan punggung.
source: https://www.aliexpress.com/store/product/High-quality-Cotton-pregnant-women-pillow-mom-waist-support-pillow-nursing-pillow-Improve-quality-sleep/1542436_32285986199.html
baca juga



Namun, selain itu pentingnya ibu hamil dapat tidur dengan nyenyak. Tak perlu khawatir, ini tips agar kamu dapat tidur dengan nyenyak.
 

source: http://www.promiseprenatal.com/sleeping-tips-for-the-mom-to-be/

 

  1. Letakkan satu bantal lembut di antara agar kamu tidak akan merasa terlalu lelah tidur dengan posisi miring.
  2. Menggunakan busa khusus dan letakkan di bawah punggung untuk mengatasi rasa lelah saat harus tidur dengan posisi miring
  3. Jika tidak bisa tidur di kasur yang datar, maka tidur disofa bisa menjadi cara yang sangat baik mengatasi gangguan selama tidur.
  4. Hindari makanan pedas yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan atau rasa mulas sepanjang malam.
  5. Lakukan relaksasi sebelum tidur, seperti minum susu hangat dicampur madu.