Seperti apa bentuk linea nigra?

Bentuknya seperti namanya, linea nigra berasal dari bahasa Latin yang artinya garis gelap atau garis hitam. Garis ini memanjang dari arah kemaluan ke area perut dengan lebar 1/4 hingga 1/2 inci. Linea nigra bisa terlihat lurus, bisa juga agak miring atau tidak lurus.
 

source: https://momlovesbest.com/wp-content/uploads/2017/09/Linea-Nigra.jpg

Kapankah linea nigra muncul? 

Linea nigra muncul saat kehamilan memasuki trimester ke dua, atau sekitar usia kehamilan 23 minggu. Kemudian garis ini akan semakin nampak dan warnanya semakin gelap seiring kehamilan yang membesar. Sebagian wanita juga sudah memiliki garis ini semenjak sebelum kehamilan, namun masih terlihat samar.
 

source: http://www.parasbliss.com/wp-content/uploads/2016/07/linea-nigra.jpg
baca juga

 

Apa yang menyebabkan munculnya linea nigra?

Linea nigra muncul karena adanya hormon kehamilan. Hormon yang mengalami perubahan karena kehamilan akan menyebabkan hiperpigmentasi, sehingga kulit di seluruh atau area-area tertentu tubuh menggelap. Area kulit yang biasanya menggelap yakni aerola atau area puting payudara, wajah, leher, dan linea nigra itu sendiri.
 

source: http://rocketparents.com/uploads/blog/linea-nigra2.jpg

Apa fungsi linea nigra?

Konon, linea nigra dapat berfungsi untuk memprediksi jenis kelamin janin. Jika garisnya berakhir di pusar, maka janin yang dikandung berjenis kelamin perempuan. Jika garisnya terus memanjang hingga bagian atas perut, maka janin yang dikandung adalah laki-laki. Namun ternyata itu hanyalah mitos, Moms. Linea nigra muncul secara natural karena adanya hormon kehamilan yang menyebabkan hiperpigmentasi saja.
 

source: http://kindmommy.com/wp-content/uploads/2016/11/Linea-Nigra-Gender-Indicator.jpg
baca juga

Bagaimana caranya menghilangkan linea nigra?

Beberapa minggu setelah melahirkan, linea nigra akan memudar warnanya hingga tampak hilang dengan sendirinya. Namun ada juga beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyamarkannya selama kehamilan, yakni dengan menjaga kelembaban dan warna kulit dengan lotion, serta dengan mengonsumsi cukup asam folat yang bisa meredakan hiperpigmentasi saat hamil.
 

source: https://giantmommy.com/wp-content/uploads/2017/04/lighten-your-linea-nigra.jpg