Tata Cara Membuat Paspor Bayi

Pada dasarnya, membuat paspor anak tidak berbeda jauh dengan tata cara pembuatan paspor untuk orang dewasa. Fasilitas pengajuan online yang sudah ada saat ini sangat memudahkan Moms untuk mencari tahu informasi lengkap seputar pembuatan paspor. Moms dapat langsung mengunjungi website resmi dari Direktorat Jenderal Imigrasi untuk informasi mengenai pengajuan pembuatan paspor untuk anak WNI dengan domisili dalam negeri. Melalui website tersebut, isilah data mengenai Kantor Imigrasi tempat akan mengajukan paspor serta mengisi aplikasi data dan juga mengunggah dokumen sesuai persyaratan.
 

Ingin Membuat Paspor untuk Anak? Ini Langkah dan Dokumen yang Diperlukan
source: http://www.pasporonline.com/


 


Dokumen Yang Diperlukan

Nah, khusus untuk dokumen persyaratan pembuatan paspor bayi, beberapa berkas yang perlu disiapkan seperti:

  • KTP Orangtua yang masih berlaku
  • Kartu Keluarga
  • Akta kelahiran anak atau surat baptis anak
  • Akta perkawinan atau buku nikah orangtua
Ingin Membuat Paspor untuk Anak? Ini Langkah dan Dokumen yang Diperlukan
source: https://techhive.com/


Apabila anak pernah berganti nama, maka perlu membawa surat penetapan ganti nama dari pejabat yang memiliki wewenang. Demikian pula dengan si kecil yang sudah pernah memiliki paspor, ia harus membawa pula paspor lamanya. 
 

baca juga


Pembuatan Paspor Anak

Setelah pengajuan online dilakukan, Moms dapat segera melakukan langkah pembuatan di kantor imigrasi setempat. Jangan lupa untuk membawa semua dokumen asli persyaratan beserta fotokopi dokumen dalam lembaran A4. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan antrian yang panjang sebab untuk pembuatan paspor anak dan lansia akan disediakan antrian khusus sehingga anak tidak akan rewel karena menunggu terlalu lama.
 

Ingin Membuat Paspor untuk Anak? Ini Langkah dan Dokumen yang Diperlukan
source: https://globuzzer.mn.co/


Ketentuan berkas untuk paspor anak dan bayi berlaku untuk anak usia 0 – 17 tahun, atau dengan kata lain anak yang belum memiliki KTP sendiri. Akan tetapi, biaya pembuatannya tetap sama seperti pembuatan paspor dewasa, yaitu Rp 300.000 untuk paspor biasa dengan 48 halaman atau Rp 600.000 untuk pembuatan jenis paspor elektronik.