Jelaskan Manfaat Menyikat Gigi Dengan Cara yang Menarik

Hal pertama yang harus Moms lakukan adalah memberikan arahan bahwa sikat gigi merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Seringkali para orang tua memberi penjelasan dengan cara yang salah, baik itu dengan omelan atau dengan paksaan. Padahal, kita bisa membuat sikat gigi menjadi kegiatan yang menarik jika bisa memberikan penjelasan manfaat menyikat gigi dengan cara yang menarik, misalnya dengan membaca buku atau menonton film anak tentang menyikat gigi.
 

source: http://www.toothtraining.com/


 


Ajak Anak Membeli Perlengkapan Sikat Gigi Bersama

Setelah memancing perhatiannya mengenai pentingnya menyikat gigi, perlu juga membantunya untuk lebih semangat dengan membelikan beragam perlengkapan menyikat gigi kesukaannya. Moms bisa membelikannya sikat gigi, mug, handuk, hingga pasta gigi dengan rasa yang ia sukai. Dengan begitu, suasana menyikat gigi akan menjadi lebih menyenangkan bagi si kecil.
 

source: https://www.pinterest.com/


 

baca juga


Ajak Anak Menyikat Gigi Bersama

Setelah perlengkapan sikat gigi si kecil siap, jangan lupa untuk langsung mempraktikan rutinitas menyikat gigi bersama. Caranya, ajaklah anak untuk menyikat gigi bersama-sama. Katakan padanya bagaimana tidak nyamannya jika tidur belum sikat gigi. Dengan begitu, si kecil tanpa disadari akan ikut merasakan rasa tidak nyaman. Cara ini juga dapat membuat ia terpicu melihat orang tuanya rajin membersihkan gigi dan mulut sebelum tidur dan sesudah makan.
 

source: https://askthedentist.com/


 


Perlahan, Ajarkan Teknik Sikat Gigi yang Benar

Nah, ketika anak sudah mulai rutin dan menyadari pentingnya menyikat gigi, kita dapat mulai memasuki tahapan penjelasan lebih rinci mengenai teknik dan cara menyikat gigi dengan benar. Jelaskan bahwa bagian gusi terdalam dan balik gigi perlu untuk diperhatikan juga. Dengan begitu, si kecil akan lebih antusias dalam menyikat gigi lebih baik lagi.
 

youtube:JRs5dZ2fpQ0
source: https://www.youtube.com/watch?v=JRs5dZ2fpQ0
DENTISTRY VIDEO CONTEST DIES FORUM 55 FKG UNPAD (AYO RAJIN SIKAT GIGI!) (RennyAndalia) #DHE


Nah, itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan agar dapat membuat anak lebih antusias dalam belajar menyikat gigi sendiri. Yang terpenting, jangan paksakan anak, cukup dengan pendekatan perlahan agar ia dapat menyadari betapa penting dan bermanfaatnya sikat gigi. Selamat mencoba dan semoga berhasil!