Tidak Membiasakan Makan Makanan Manis

Konsumsi gula berlebih tidak hanya berbahaya bagi orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Anak-anak yang sejak dini sudah dibiasakan untuk mengkonsumsi gula secara berlebihan, akan mudah terserang beragam penyakit, apalagi jika tidak segera ditangani dengan baik. Itulah sebabnya perlu untuk membatasi asupan gula yang berlebihan sejak dini dengan tidak membiasakan si kecil mengkonsumsi camilan atau minuman ringan dengan kadar gula tinggi.
 

Moms, Perhatikan Asupan Gula Pada Anak Agar Tidak Berlebih
source: http://eaglebirds.blogspot.com/


 


Memilih Asupan Gula Sehat

Meskipun begitu, gula tetap tidak boleh dihilangkan dari asupan gizi yang perlu dipenuhi. Hanya saja, Moms perlu untuk membatasi dengan mengetahui seberapa besar kadar normal yang dibutuhkan anak. Nah, berikut ini adalah batasan asupan gula yang perlu dikonsumsi anak menurut Kementerian Kesehatan RI:

  • Anak usia 3 tahun            : 2-5 sendok teh
  • Anak usia 4-6 tahun         : 2,5-6 sendok teh
  • Anak usia 7-12 tahun       : 4-8 sendok teh
  • Anak usia > 13 tahun       : 5-9 sendok teh (40 gram)
Moms, Perhatikan Asupan Gula Pada Anak Agar Tidak Berlebih
source: https://hellosehat.com/


 

baca juga


Tips Mengatur Asupan Gula Pada Anak

Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Moms lakukan untuk mengatur dan membatasi asupan gula yang biasa dikonsumsi oleh anak:

  1. Apabila si kecil sudah terlalu gemar memakan es krim, cobalah untuk mengurangi membelikannya es krim. Sebaliknya, gantilah es krim kesukaannya dengan yogurt beku dan potongan buah segar untuk rasa manis alami. 
  2. Waspadai juga pemberian jus buah kemasan atau kalengan karena minuman dalam kemasan mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Cobalah untuk meluangkan waktu untuk membuatkan jus dari buah alami. 
  3. Biasakan anak untuk makan makanan sehat sejak dini. Hindari pemberian asupan makanan dengan kandungan bahan pengawet, gula, apalagi pemanis buatan yang nantinya akan membuat mereka ketagihan dengan rasa manis. 
Moms, Perhatikan Asupan Gula Pada Anak Agar Tidak Berlebih
source: http://site.tupperware.co.id/


Nah, itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk membatasi asupan gula pada si kecil. Semoga bermanfaat, Moms!