Ruam popok adalah kondisi terjadinya peradangan pada kulit bayi yang tertutup oleh popok atau disekitar bokong. Bayi yang mengalami ruam popok kulitnya akan tampak kemerahan dan iritasi. Kondisi tersebut terjadi biasanya disebabkan oleh reaksi kulit yang terus menerus terkena urine dan juga tinja. Ruam umumnya tidak berbahaya, namun kondisi tersebut tentu saja sangat mengganggu kenyamanan Si Kecil, tak heran jika bayi akan cenderung lebih rewel dari biasanya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tak perlu khawatir moms, karena berikut ini beautynesia ingin berbagi info seputar cara mengatasi ruam popok pada bayi dengan cara yang sederhana dan dapat dilakukan di rumah, berikut di antaranya:

source: http://www.northamptonchron.co.uk/news/asda-s-nappy-rash-ad-banned-1-7511841

 

  1. Menjaga kulit sekitar popok tetap kering adalah metode paling efektif untuk mengatasi dan mencegah terjadi ruam popok pada bayi.
  2. Sering mengganti popok yang kotor. Karena itu, ibu perlu selalu memantau popok yang digunakan bay.
  3. Membersihkan dengan seksama bagian kulit yang sering tertutup popok terutama saat akan mengganti popok.
  4. Kulit bayi juga perlu bernapas, karena itu jangan selalu menggunakan popok pada bayi. Pasalnya semakin sering kulit bayi terkena udara, maka risiko terkena ruam popok juga semakin berkurang.
  5. Setelah dibasuh, seka kulit bayi secara perlahan-lahan sampai kering sebelum memakaikan popok baru.
  6. Jangan menggunakan bedak pada kulit yang mengalami ruam, karena kandungan pada bedak justru hanya akan memicu iritasi kulit yang akan membuat ruam semakin parah.
  7. Hindari juga penggunaan sabun atau tisu basah yang mengandung alkohol dan juga pewangi. Pasalnya kandungan bahan kimia dapat memperparah ruam.
  8. Sebelum dan sesudah mengganti popok, pastikan tangan ibu selalu bersih.
  9. Gunakan popok yang lebih besar satu ukuran selama bayi sedang masa penyembuhan ruam.
  10. Oleskan krim setiap mengganti popok bayi. Namun, pastikan krim tersebut memiliki bahan dasar zinc oxide yang memang berguna untuk mengatasi ruam popok.

 
source: http://kristenlindsay.com/parenting/natural-remedies-diaper-rash-yeast-rash/


Umumnya, ruam popok bisa sembut tanpa perlu dilakukan penanganan medis. Namun, jika ruam popok pada bayi tak juga membaik atau justru malah semakin parah. Segera periksakan bayi ibu ke dokter untuk mendapatkan penangan lebih lanjut, karena bisa saja terjadi si kecil alergi terhadap sesuatu, seperti makanan atau udara. Semoga membantu!