Lokasi Kamar

Baby monitor idealnya memang diperuntukkan bagi bayi yang tidurnya di kamar yang terpisah dari kita. Ini juga tergantung dari jaraknya. Sebagian berpendapat jika letak kamar bayi dan kamar Moms bersebelahan atau berseberangan, maka baby monitor tidak begitu diperlukan Namun jika jarak kamar Moms dan kamar bayi cukup jauh, atau misalnya kamar Moms di lantai dasar sementara kamar bayi di lantai atas, maka baby monitor amat dianjurkan.
 

source: https://images.fatherly.com/wp-content/uploads/2017/06/mom-watching-sleeping-baby.jpg

Lokasi Tidur

Bisa saja Moms dan bayi tidur sekamar, namun jaraknya cukup jauh. Moms di satu sisi kamar dan si bayi tidur di sisi lainnya dari kamar tersebut. Terkadang hal ini juga membuat Moms yang sedang terlelap tidak terlalu mendengar tangisan si bayi. Tentu keberadaan baby monitor menjadi berguna. Baby monitor juga membantu bagi pasangan Moms dan Dads yang kalau tidur sangat lelap hingga tak terganggu suara tangisan bayi dalam volume yang biasa.
 

source: https://images.theconversation.com/files/135475/original/image-20160825-6595-981zwe.jpg?ixlib=rb-1.1.0&q=45&auto=format&w=926&fit=clip
baca juga

Kegunaan Lanjutan

Setelah bayi berusia lebih tua, baby monitor tetap bisa digunakan. Balita cenderung sudah bisa dibiarkan bermain sendiri di ruangan bermain atau di kamarnya. Nah, jika sedang memasak atau melakukan kegiatan di ruangan lainnya akan tetap bisa memantau kegiatan si kecil dengan keberadaan baby monitor tersebut.
 

source: https://kinderling.s3.amazonaws.com/kinderling/assets/processed/1b/f29530aa3911e7b75cbb4e7fa41752/1e056fa0aa3911e797cd71901ea722c6_content_medium.jpg

Catatan

Ada 2 catatan tambahan yang perlu Moms ketahui sehubungan dengan perlu atau tidaknya Moms menggunakan baby monitor:

  1. Penelitian terbaru menemukan bahwa bayi yang terlalu sering dibiarkan menangis dalam waktu yang lama, entah disengaja atau tidak disengaja oleh orang tuanya, akan membentuknya menjadi pribadi yang agresif saat dewasa. 
  2. Jika akhirnya Moms memutuskan untuk membeli baby monitor, pilihlah yang sudah dilengkapi dengan layar monitor, bukan hanya speaker, agar fungsinya dapat lebih maksimal.
     
source: https://www.tesco-baby.com/content/uploads/2013/11/AM_b_sle_what-do-I-do-if-baby-cries-at-night_WP.jpg