Rambut Vellus

Tahukah Moms bahwa rambut yang tumbuh sejak dalam kandungan memiliki tekstur yang jauh lebih halus dibandingkan dengan rambut orang dewasa? Rambut ini dikenal dengan istilah rambut vellus. 
 

source: https://iluminasi.com/


Rambut-rambut dengan tekstur lembut dan halus ini perlahan akan rontok seiring dengan pertumbuhan rambut dewasanya. Tingkat kelebatannya juga tergantung dari gen yang dimiliki dari orang tua serta asupan gizinya. Faktanya, banyak yang menyebutkan bahwa rambut bayi sangat bermanfaat untuk menyehatkan kulit kepala serta membuat rasa nyaman pada bayi. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah ulasan mengenai manfaat mencukur rambut bayi hingga habis di awal kelahirannya:
 


Manfaat Mencukur Habis Rambut Bayi

1. Menghilangkan Lemak Yang Melekat

Ketika baru dilahirkan, bayi akan yang berada di dalam kandungan selama 9 bulan akan membawa serta kotoran dan lemak dalam rahim ibu. Terlebih lagi pada bayi yang dilahirkan dengan proses normal melalui jalan lahir, kotoran dan lemak pada area jalan lahir juga ikut menempel. Itulah sebabnya, rambut bayi yang yang lebat akan menjadi tempat berkumpulnya lemak dan kotoran. Meskipun sudah dibersihkan, kotoran dan lemak tidak akan terangkat dengan sempurna. Jika dibiarkan, kotoran dan lemak pada rambut bayi akan mengakibatkan timbulnya dermatitis seboroik atau kerak pada kulit kepala. Tidak hanya  itu, kerak yang timbul akan memicu adanya biang keringat, bisul, abses dan beragam gangguan kulit lainnya.

source: http://tipsmendidikanak.com/


 

baca juga


2. Memudahkan Ibu Untuk Merawat Kondisi Kepala Bayi

Saat rambut bayi sudah dicukur habis, para orang tua dapat lebih mudah merawat kulit bayi baru lahir secara menyeluruh. Kamu dapat mengindikasi adanya gejala iritasi seperti hemangioma yang biasa muncul pada kepala bayi. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat apabila ada tanda-tanda kemunculan bisul, benjolan serta luka di kepala bayi.
 

source: http://majalahpama.my/


 


3. Memudahkan Adaptasi Kulit Bayi Secara Menyeluruh

Di awal kelahirannya, bayi akan mengalami banyak fase adaptasi dengan suhu dan kelembapan sekitar. Apabila rambutnya dicukur habis, maka bayi akan dapat beradaptasi dengan lingkungannya lebih mudah. Selain itu, rambut yang pelotos juga mampu mengurangi rasa gerah saat sedang berada di tempat yang panas.
 

source: http://nakita.grid.id/


 

baca juga


4. Memudahkan Perawatan Kulit Bayi Secara Menyeluruh

Terakhir, dengan mencukur habis rambut bayi, Moms akan lebih mudah dalam merawat kulit bayi secara keseluruhan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Moms juga bisa melakukan pengobatan dengan leluasa apabila terjadi gejala iritasi karena biang keringat maupun akibat dermatitis seboroik.
 

source: http://www.alodokter.com/