Jangan Memaksa, Tapi Berilah Pengertian

Hal pertama yang harus Moms perhatikan saat ingin memberikan anak obat adalah menjelaskan pentingnya meminum obat untuk kesehatannya sendiri. Meskipun Moms memang panik dan merasa tidak khawatir dengan kondisi si kecil, tapi tetap perlu berhati-hati dan tidak membuat anak merasa takut karena memaksanya minum obat. Berikan pengertian secara halus dan perlahan. Katakan kalau ingin sembuh, ia harus bisa minum obat. Motivasi dengan halus dapat membuat si kecil tergerak dan mau meminum obatnya.
 

source: http://www.stwerburghs.com/


 


Berikan Apresiasi dan Hadiah

Meminum obat memang hal yang sangat penting untuk kesehatan buah hati. Itulah sebabnya Moms perlu mengupayakannya dengan memberikan apresiasi melalui kata-kata seperti, "Wah, anak pintar pasti mau minum obat!", "Kamu kan anak yang berani, masa minum obat saja takut?", dan lain sebagainya. Selain itu, Moms juga bisa mengiming-imingi hadiah, tidak harus berupa barang, tetapi apapun yang ia inginkan.
 

source: https://thumbor.forbes.com/


 

baca juga


Menyisipkan Obat

Jika si kecil masih keras kepala tidak ingin meminum obatnya, Moms bisa mencoba teknik menyisipkan obat pada makanan kesukaannya. Kita bisa memberikan obat pada buah-buahan, kue, atau sup yang menjadi favorinya. Dengan begitu, si kecil tidak akan menyadari bahwa ia baru saja meminum obat. Akan tetapi, tetap kenali makanan yang tidak bereaksi negatif dengan obat dan tidak memperparah penyakit si kecil, ya!
 

source: https://www.standardprocess.com/


 


Bermain Peran

Terakhir, Moms juga bisa mencoba permainan peran yang mengalihkan perhatian si kecil dari obat yang akan dia minum. Misalnya, dengan bermain pesawat yang akan masuk ke dalam gua, atau bermain dokter-dokteran. Dengan begitu si kecil akan teralihkan dan tidak sadar bahwa ia baru saja meminum obat. Tapi ingat, jangan lupa untuk menyembunyikan botol obat agar dia benar-benar tidak sadar bahwa ia akan minum obat.
 

source: https://www.mirror.co.uk/


Itulah langkah-langkah yang bisa Moms lakukan untuk membuat anak mau minum obat. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!