1. Mengapung dan Tenggelam

Percobaan sains ini cukup mudah. Moms hanya menyiapkan beberapa benda seperti batu, kertas, daun, kelereng, dan wadah seperti baskom yang telah diisi air. Lalu ajak minta anak untuk memasukkan benda-benda tersebut satu per satu. Misalnya ketika memasukkan batu ke dalam air, maka batu itu tenggelam. Selanjutnya saat anak memasukkan daun, maka daun itu tidak tenggelam atau mengapung. Saat itu juga, ajak anak untuk membandingkan berat batu dan daun. Tanyakan yang mana lebih berat? Lalu jelaskan secara sederhana bahwa batu bisa tenggelam karena massanya lebih berat daripada air. Sedangkan daun memiliki massa lebih ringan dari air. 
 
1. Mengapung dan Tenggelam
source: https://inventorsoftomorrow.com

 

2. Balon Memuai

Coba lakukan percobaan sains balon memuai dengan balita. Alat dan bahan yang diperlukan sangat sederhana yaitu balon, baskom besar, gelas plastik, air hangat dan air dingin. Adapun cara kerjanya adalah tiup balon sampai mengembang, lalu ikat supaya udara tidak keluar. 
Selanjutnya, tuangkan air hangat ke dalam baskom. Lalu letakkan gelas plastik di atas air dengan posisi mulut gelas menghap ke bawah. Tunggu sampai gelas memuai. Kosongkan gelas plastik. Ambil balon dan isi dengan air dingin. Tekan balon ke gelas dengan kuat. Hati-hati supaya balon tidak pecah ya, Moms. Angkat balon dan lihat apa yang terjadi. Gelas akan mencengkram balon dengan kuat. Percobaan sains ini berkaitan dengan tekanan udara. 
 
2. Balon Memuai
source: https://www.learning4kids.net

 
baca juga

3. Bermain Magnet

Sewaktu kecil Moms pasti pernah memainkan magnet. Nah, tak ada salahnya kembali bernostalgia dengan mengenalkan tentang cara kerja magnet kepada si kecil. Jadi, kumpulkan benda-benda kecil dari logam dan bukan logam yang ada di rumah, seperti sendok, pulpen, koin, jepitan rambut, kertas dan sebagainya. Lalu ambil magnet dan tempelkan pada benda-benda tersebut. Benda logam akan menempel pada magnet, sementara yang bukan logam tidak menempel. Minta anak kembali mengulanginya. Kenapa ya benda logam bisa menempel? Jelaskan kepada anak kalau benda-benda logam seperti sendok, koin, maupun jepitan rambut memiliki sifat magnetis sehingga menempel. 
 
3. Bermain Magnet
source: http://www.redorbit.com

 

4. Tebak Rasa dengan Hidung

Siapkan macam-macam permen rasa buah-buahan seperti jeruk, stroberi, anggur dan mangga. 
Selain itu, siapkan juga permen lain dengan rasa cokelat dan kopi. 
Cara bermain adalah tutup mata anak dengan kain. Lalu masukkan permen ke dalam mulutnya. Saat permen sudah di mulut, maka minta anak menahan napas atau menutup hidung sambil mengunyah. Tanyakan kepada anak permen apa yang sedang dikunyah. Mungkin anak sulit menjawab, karena yang dirasakannya hanya rasa manis atau rasa asam. Itu karena ia tidak bisa mencium aromanya. Namun, setelah membuka hidung maka anak bisa mengetahui dengan jelas permen yang sedang dimakannya. Percobaan ini menunjukkan kalau mulut dan hidung berhubungan satu sama lain. 
 
4. Tebak Rasa dengan Hidung
source: http://supersimpleparenting.com