1. Gunakan Bahan Makanan yang Segar

Ketimbang menggunakan makanan olahan yang sudah jadi, lebih baik Moms mengolahnya sendiri. Dengan mengolah sendiri maka Moms bisa menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas yang bebas dari bahan pengawet. Kalau bahan-bahannya segar tentu akan memengaruhi rasa dan sehatnya makanan tersebut. Salah satu yang bisa Moms bikin sendiri adalah nugget. Nugget bisa dibuat dari daging ayam ataupun ikan. 
 
source: http://theplate.nationalgeographic.com

 

2. Gizi Seimbang

Hindari hanya memasukkan nasi dan lauk saja ke dalam bento, melainkan harus terdiri dari gizi seimbang yaitu sumbe karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Selain nasi, dan lauk seperti ayam, ikan, daging dan sebagainya, Moms juga perlu menambahkan dengan sayur-sayuran. Pilih sayur dengan warna menarik sehingga anak lebih tertarik mengonsumsinya. Jangan lupa siapkan buah di wadah terpisah ya, Moms! 
 
source: https://www.treehugger.com

 
baca juga

3. Sajikan dengan Menarik

Pernah melihat bento bikinan para orang tua di Jepang kan, Moms? Bento anak di Jepang sangat menarik karena dibuat dengan bentuk lucu-lucu. Nah, kamu juga bisa membuat seperti itu. Untuk membuat bentuk yang disukai anak, maka Moms perlu membeli alatnya. Sekarang sudah banyak alat pencetak bento menjadi bentuk binatang, boneka ataupu bunga. Nah, di sini kreativitas Moms diuji untuk membuat bento terlihat manis dan lucu. Moms bisa mencari bahan referensi di internet ataupun membeli buku resep membuat bento. 
 
source: https://www.dramafever.com

 

Contoh Resep Bento


Bento Nasi Telur Dadar Sayur

Bahan: 
Nasi secukupnya
sepotong buah bit
3 butir telur
sayur wortel dan buncis secukupnya
bawang bombay
garam
merica
minyak goreng

Pelengkap:
sosis
tomat ceri
brokoli rebus
 

Cara Membuat: 
1. Campurkan nasi dengan buah bit, lalu panaskan di atas kompor. Nasi akan berubah menjadi seperti warna buah bit. 
2. Campur telur dengan wortel, buncis dan bawang bombay. Tambahkan garam dan merica. Kocok sampai rata. Goreng telur menjadi dadar gulung. Angkat dan potong 2-3 cm. 
3. Atur nasi dan telur ke dalam kotak bekal. Tambahkan pelengkap sosis, brokoli dan tomat ceri. 
4. Bento buatanmu sudah jadi! Mudah, kan?

Selamat membuat!