1. Bikin Kesepakatan

Merengek meminta sesuatu memang perilaku wajar anak-anak. Tapi kalau sampai mengamuk, teriak-teriak dan menangis karena keinginannya tidak dituruti, maka Moms perlu meningkatkan kewaspadaan saat mengajak anak ke supermarket atau mal. Nah, supaya hal ini tidak terjadi, maka sebelum Moms pergi buatlah kesepakatan dengan anak mengenai sesuatu yang ingin dibelinya. Berikan anak pilihan. Misalnya ia hanya boleh memilih satu mainan saja, tidak boleh lebih. 

Buat anak supaya ia berjanji. Kalau misalnya anak tidak sepakat, maka katakan padanya kalau tak usah pergi. Terus ingatkan hal ini saat Moms dan si kecil masih dalam perjalanan ke supermarket atau mal. 
 
1. Bikin Kesepakatan
source: https://www.stayathomemum.com.au

 

2. Ajak Anak Bernegosiasi

Banyak orang tua yang selalu mengabulkan permintaan anak karena tak tega melihat anak yang menangis. Padahal kalau hal ini terus-menerus dilakukan, maka anak akan jadi manipulatif dan mempelajari kalau Moms takluk dengan tangisannya. Daripada langsung mengabulkan keinginan anak, maka cobalah untuk mengajaknya bernegoisasi terlebih dahulu. Misalnya, mainan yang diminta akan diberikan ketika anak berulang tahun atau ada momen di mana anak harus mendapatkan penghargaan. Atau es krim maupun cokelat diberikan saat anak sudah makan siang. 
 
2. Ajak Anak Bernegosiasi
source: https://www.shutterstock.com

 
baca juga

3. Katakan 'Tidak' dengan Tegas

Anak harus mengerti tidak berarti tidak. Jadi, berusahalah konsisten menerapkan hal ini. Hindari bersikap tidak tegaan ketika anak mulai menangis ataupun berguling-guling di lantai. Kalau Moms berkata tidak dengan dengan konsisten, maka anak akan perlahan-lahan memahami ketegasan Moms dan menerima bahwa tidak adalah tidak. Namun, jika suatu kali Moms tidak konsisten, maka anak akan mengambil celah untuk terus merengek hingga pemintaaannya dikabulkan. Jadi tips mengasuh anak yang tepat di sini adalah selalu konsisten dan tegas ya, Moms! 
 
3. Katakan 'Tidak' dengan Tegas
source: https://www.rd.com

 

4. Ajari Anak Menabung

Menabung bisa menjadi solusi ketika anak meminta sesuatu apalagi mainan mahal. Jadi, saat anak melihat mainan favoritnya, katakan kepada anak untuk membelinya sendiri dengan uang saku. Maka, uang saku yang diterimanya ataupun pemberian dari orang lain perlu ia simpan. Kalau jumlahnya sudah mencukupi maka ia bisa menggunakan uang itu untuk membeli mainan. Nah, selain mengajarkan anak tentang kesabaran, lewat menabung anak juga mengenal tentang manajemen keuangan yang sederhana. 
 
4. Ajari Anak Menabung
source: https://expertbeacon.com