1. Lewat Cerita

Semua anak pasti suka mendengarkan cerita. Nah, manfaatkanlah hal ini untuk mengajarkan bahasa asing kepada anak. Moms perlu membeli beberapa buku cerita berbahasa asing, misalnya bahasa Inggris dan bacakan kepada anak sebelum tidur di malam hari. Bacakan buku cerita dengan menyenangkan ya, Moms. Jangan lupa tunjukkan gambar dalam buku, misalnya hewan, lalu beritahu kepada anak sebutan bahasa Inggris untuk hewan tersebut. Setiap kata dalam bahasa Inggris yang Moms ucapkan akan terekam dalam kepala anak, dan akan mendukung pembelajaran bahasa Inggrisnya. 
 
1. Lewat Cerita
source: https://www.huffingtonpost.com

 

2. Games Berbahasa Inggris

Cara menyenangkan lain dalam mengajarkan anak bahasa asing adalah lewat permainan. Moms bisa menciptakan permainan sendiri, misalnya mendikte anak sebutan bahasa Inggris untuk benda-benda di dalam rumah, ataupun buah-buahan di supermarket. Setelah itu, minta anak mengulanginya. Hari berikutnya, Moms bisa bermain tebak-tebakan bahasa Inggris. Misalnya saat menunjuk lemari, minta anak menyebutkan bahasa Inggrisnya. Saat berbelanja ke supermarket, tunjukkan benda-benda yang ada di sana, misalnya buah dan minta anak menyebutkannya dalam bahasa Inggris. Mudah kan, Moms? 
 
2. Games Berbahasa Inggris
source: http://www.scmp.com

 
baca juga

3. Menonton Kartun

Manfaatkanlah waktu menonton anak dengan mengajarkannya bahasa asing. Saat waktu menonton tiba, putar DVD yang berisi kartun dalam bahasa Inggris. Belajar bahasa sambil menonton cukup efektif, karena selain mendengar suara, anak juga bisa melihat visual. Selain itu, tentu waktu menonton tak terbuang percuma hanya untuk bersenang-senang, namun anak juga mendapatkan pelajaran berharga. Nah, kabar baiknya DVD kartun dalam bahasa Inggris sudah banyak tersedia, jadi tinggal memilih jenis mana yang ingin ditonton anak. Agar anak lebih bersemangat, ajak ia memilih DVD yang ingin dilihatnya ya! 
 
3. Menonton Kartun
source: http://awesomebmovies.com

 

4. Menyanyikan Lagu

Salah satu hal penting dalam belajar bahasa Inggris adalah mengucapkan pelafalan setiap kata dengan benar. Berbeda dengan bahasa Indonesia, kata dalam bahasa Inggris tidak dilafalkan sesuai dengan yang ditulis. Agar anak tak salah mengucapkan kata dalam bahasa Inggris, maka ia perlu diajarkan pelafalan dengan benar. Selain didikte, cara jitu untuk menguasai pelafalan adalah dengan mendengarkan lagu. Anak-anak adalah peniru ulung, jadi saat mendengar lagu dalam bahasa Inggris, anak pasti bisa menirukan kata-kata yang diucapkan si penyanyi. Dengan mendengar lagu itu berulang kali, maka pelafalan anak juga akan semakin tepat. 


 
4. Menyanyikan Lagu
source: https://www.huffingtonpost.ca