Lambung Bayi

Di awal kelahirannya, organ pencernaan bayi memang masih dalam tahapan perkembangan yang lebih lanjut. Tidak hanya usus, lambung yang menjadi tempat penyimpanan dan pengolahan asupan makanannya juga masih mengalami perubahan ukuran. 
 

Wow, Ini Dia Fakta Tentang Ukuran Lambung Bayi yang Harus Moms Tahu
source: https://www.enfa.co.id/


Pada dasarnya, bayi baru lahir memiliki ukuran lambung yang masih sangat kecil. Itulah sebabnya ia lebih mudah kenyang saat lambungnya sudah terisi penuh. Akan tetapi, pencernaannya pun terjadi lebih cepat. Hal inilah yang mengakibatkan bayi juga menjadi lebih cepat lapar dan buang air. Proses ini terjadi pada sekitar 2 minggu awal kelahiran. Setelah itu, lambung masih akan terus berkembang dengan intensitas yang tidak secepat di awal kelahirannya.
 


Ukuran Lambung Bayi 

Nah, untuk lebih memahami asupan makanan yang dibutuhkan oleh si kecil, kenali pertumbuhan ukuran lambung bayi berikut ini:

Bayi Baru Lahir
Ukuran lambung bayi baru lahir ternyata hanya seukuran buah ceri. Asupan yang bisa ditampung hanyalah sekitar 5-7 ml ASI. Dengan kata lain, bayi baru lahir hanya bisa mengonsumsi sekitar 1-1,5 sendok teh ASI.

Bayi Usia 3 Hari
Di usia 3 hari, bayi akan memiliki ukuran lambung sebesar buah kenari. Ia sudah mampu menampung 22-27 ml ASI. 

Bayi Usia 7 Hari
Memasuki usia 7 hari, bayi sudah semakin mampu menampung ASI ke dalam lambungnya yang sudah sebesar buah aprikot. Ia bahkan sudah bisa menampung 45-60 ml ASI.

Bayi Usia 14 Hari
Nah, di usianya yang ke-14, bayi akan memiliki lambung dengan ukuran yang lebih besar, yaitu seukuran telur. Ia sudah mampu menampung 80-150 ml ASI.
 

Wow, Ini Dia Fakta Tentang Ukuran Lambung Bayi yang Harus Moms Tahu
source: http://m.liputan6.com/


 

baca juga


Kesalahan Ibu dalam Memberikan Asupan Susu

Ketidaktahuan mengenai fakta ukuran lambung bayi berakibat membuat para ibu menjadi sering melakukan kesalahan saat akan memberikan asupan susu pada si kecil. Para ibu cenderung mengira bayi membutuhkan banyak asupan makanan sehingga menambah pemberian susu formula saat melihat ASI keluar sangat sedikit. Padahal, keluarnya ASI memanglah sesuai dengan kebutuhan bayi mengingat ukruan lambungnya yang masih sangat kecil. 
 

Wow, Ini Dia Fakta Tentang Ukuran Lambung Bayi yang Harus Moms Tahu
source: https://media.oudersvannu.nl/


Nah, itulah beberapa hal penting seputar fakta lambung bayi. Semoga informasinya bermanfaat dan dapat membuat Moms lebih berhati-hati dalam memberikan asupan pada si kecil, terutama di awal kelahirannya.