Ketahui Masalah dan Hambatannya Saat Mengerjakan PR

Jika Moms melihat anak selalu malas dalam mengerjakan PR atau menyelesaikan tugas sekolahnya, lakukanlah pendekatan secara perlahan dan halus. Ingat, anak sudah cukup lelah dengan aktivitas sekolah yang padat, jadi memang sangat wajar jika ia merasa malas dan ingin bersantai dan bermain di rumah. Karena itu, cobalah untuk lakukan pendekatan dengan menanyakan apa hambatan dan masalah yang ia hadapi.
 

Moms, Lakukan Ini Agar Si Kecil Paham Mengenai Pentingnya PR dari Sekolah
source: http://www.ahchealthenews.com/


 


Beritahu Pentingnya PR

Jika ia sudah mengungkapkan perasaan dan hambatannya saat harus mengerjakan PR, mulailah untuk menceritakan bagaimana PR ternyata sangat penting untuk melatihnya memahami pelajaran sekolah. Jelaskan dengan memberikan cerita pengalaman Moms saat sekolah dulu. Pancing tekadnya untuk bisa menjadi seorang anak yang berprestasi dengan rajin belajar dan mengerjakan PR.
 

Moms, Lakukan Ini Agar Si Kecil Paham Mengenai Pentingnya PR dari Sekolah
source: http://blog.colloky.cl/


 

baca juga


Berikan Masukan dan Saran untuk Masalah yang Dihadapi

Kemudian, lanjutkan dengan memberikannya saran untuk beragam masalah yang anak ungkapkan. Misalnya, anak mengatakan bahwa ia membutuhkan waktu untuk bermain. Moms dapat memberikan solusi dengan mengajaknya mengatur jadwal agar lebih disiplin sehingga mengerjakan PR dan bermain dapat terpenuhi dengan baik. Jika PR sedang banyak, berikan juga tawaran untuk berlibur akhir pekan sebagai sarana refreshing. Buat kesepakatan bersama agar anak bersemangat dalam mengerjakan PR.
 

Moms, Lakukan Ini Agar Si Kecil Paham Mengenai Pentingnya PR dari Sekolah
source: http://www.kidsworldfun.com/


 


Temani Anak Saat Sedang Mengerjakan PR

Terakhir, jangan lupa untuk menemani anak saat ia sedang mengerjakan PR. Dengan begitu ia akan lebih mudah terbantu saat ada soal yang sulit diselesaikan. Ingat, jangan memarahinya jika ada soal yang tidak ia pahami, jelaskan perlahan dan buat suasana belajar bersama Moms menjadi menyenangkan. Jika memang sulit melakukan hal ini, Moms dapat mencoba mencarikan guru les untuk mendampinginya saat belajar. Yang pasti, carikan guru yang benar-benar cocok dengan karakter anak, ya!
 

Moms, Lakukan Ini Agar Si Kecil Paham Mengenai Pentingnya PR dari Sekolah
source: https://www.sittercity.com/


Nah, itulah empat hal yang perlu Moms lakukan untuk membuat anak menjadi lebih memahami pentingnya PR dan bersemangat untuk menyelesaikannya. Masa kanak-kanak memang masa emas untuk belajar, tetapi perlu diseimbangkan juga dengan waktunya bermain dan istirahat. Jadi, jangan pernah memaksakan anak untuk belajar melebihi kemampuannya. Diskusikan juga dengan para guru di sekolah apabila PR dirasa terlalu banyak dan memberatkan.