Biang keringat memang kerapkali dialami oleh bayi dan anak. Biasanya bayi atau anak yang mengalami biang keringat akan mengalami gangguan tidur yang membuatnya menjadi lebih rewel dan sering menangis. Lalu, apa penyebab terjadinya biang keringat pada anak?
 
Kulit bayi yang sangat sensitif dan masih dalam tahap perkembangan dan penyempurnaan belum dapat menyerap dan mengeluarkan keringat dengan baik. Akibatnya, bayi sering mengalami keringat yang berlebih. Nah, perlu diketahui bahwa biang keringat pada anak bisa timbul saat suhu udara sedang panas.
 
Oleh karena itu, para orangtua perlu mengetahui bagaimana menangani masalah kulit itu, karena jika tidak ditangani dengan baik maka dapat menyebabkan iritasi kulit yang berisiko menjadi bisul berisi nanah dan juga bisa terinfeksi jika biang keringat sudah bersentuhan dengan kuman.



 
source: http://skincare-system.info/psoriasis/baby-skin-conditions-eczema.html


Eitss, tak perlu khawatir ya moms. Berikut ini adalah cara alami mengatasi biang keringat pada bayi:

  1. Sering mengganti baju Si Kecil jika anak sudah terlihat berkeringat. Namun, sebelum itu siapkan terlebih dahulu keperluan mandinya, seperti baskom berisi air hangat, air bersih, perlak dan lainnya.
  2. Biang keringat jika bersentuhan dengan keringat seringkali menimbulkan rasa gatal dan perih. Karena itu, selalu keringkanlah kulit bayi menggunakan lap bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat.
  3. Biarkan tubuh si kecil tanpa baju untuk beberapa saat hingga kulit dan lipatan-lipatan pada kulitnya kering dengan sendirinya. Hal tersebut bertujuan agar biang keringat tidak bertambah parah saat tubuhnya bergesekan dengan handuk ketika akan dikeringkan.
  4. Kamu juga bisa menaburkan sedikit bedak pada beberapa bagian tubuh si kecil, seperti punggung dan juga dadanya. Selain itu, untuk mencegah timbulnya biang keringat, ibu dapat mengoleskan baby oil pada lipatan-lipan tubuh si kecil seperti ketiak dan leher.
  5. Pilihlah pakaian bayi yang bisa menyerap keringat seperti katun.
baca juga


 

source: http://www.curhatbidan.com/artikel/id/657/cara-mengatasi-biang-keringat-pada-bayi


Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengusir biang keringat pada bayi. Walaupun masalah kulit tersebut tidak berbahaya, namun tetap saja dapat membuat bayi menjadi tidak nyaman. Karena itu, selalu jagalah kebersihan dan kenyamanan lingkungan si kecil dengan menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat dan tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau kekecilan.
 
Akan tetapi, perlu kamu waspadai jika biang keringat tidak kunjung membaik atau bahkan semakin parah. Segera periksakan ke dokter karena ditakutkan biang keringat si kecil sudah berubah menjadi infeksi sehingga dapat segera berikan penanganan. Semoga bermanfaat!